Gaji PPPK Akan Dianggarkan di APBD Perubahan

KENDARINEWS.COM – Gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tahun 2022. Padahal, para tenaga PPPK yang lolos seleksi tahap pertama dan kedua, akan menerima SK tahun ini.

Mengacu pada PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, pada pasal 38 ayat 2 disebutkan, gaji dan tunjangan PPPK sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

H Kostantinus Bukide

Sekretaris Kabupaten Buteng, H Kostantinus Bukide membenarkan jika gaji PPPK belum masuk pada postur APBD Buteng tahun 2022. Namun, Pemkab akan melakukan pergeseran anggaran untuk memasukkan gaji PPPK yang merupakan tanggungan pemerintah daerah.

“Iya betul. Belum dianggarkan pada APBD induk. Nanti akan melalui mekanisme pergeseran tanpa mengubah APBD induk dan baru didefinitifkan di APBD perubahan. Yang jelas semua kewajiban Pemda akan tetap kita penuhi,” ujar Kostantinus kepada Kendari Pos, kemarin.

Saat ini, kata mantan Asisten I Pemkab Buton Selatan itu, pihaknya sedang menghitung kebutuhan anggaran. Dirinya meminta para tenaga PPPK yang lolos untuk tidak khawatir karena Pemkab pasti melakukan yang terbaik. Apalagi, penggajian PPPK merupakan mandat dari Kementerian Keuangan yang artinya harus dianggarkan.

“Insya Allah tidak akan merugikan anak-anak kita yang PPPK. Ini mandatory standing oleh Kementerian Keuangan maka harus dianggarkan. Hanya karena APBD kita sudah ketok, makanya mekanisme yang akan diambil melalui pola pergeseran supaya nanti didefinitifkan ketika APBD perubahan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemkab Buteng sebelumnya dijatah 357 kuota PPPK guru. Hingga kini, proses seleksi sudah menuntaskan dua dari 3 tahap rekrutmen. Di tahap pertama ada 110 peserta yang berhasil mencapai angka passing grade. Selanjutnya di tahap kedua 111 calon pegawai menyusul lolos. Sehingga masih tersisa 136 kursi yang bisa diperebutkan peserta di tahap ketiga nanti. (uli/b)

Tinggalkan Balasan