23 Kecamatan di Konawe Rawan Bencana

KENDARINEWS.COM — Sejumlah wilayah di Konawe dikategorikan sebagai daerah rawan bencana alam. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI baru-baru ini memetakan wilayah di Konawe yang dianggap sangat berisiko diterpa bencana. Dari 29 kecamatan, 23 di antaranya masuk kategori rawan pada level menengah hingga tinggi, seperti Kecamatan Pondidaha, Unaaha, Uepai dan Lambuya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan mengatakan, pemerintah terus melakukan segala upaya untuk mengurangi risiko bencana, dalam hal ini melakukan mitigasi. Katanya, bencana alam yang paling berisiko terjadi di Konawe setiap tahunnya adalah banjir dan tanah longsor.

“Termasuk juga angin kencang atau puting beliung. Konsekuensi wilayah kita seperti itu, makanya kita antisipasi,” ujar Ferdinand Sapan, Rabu (16/2).

Ferdinand Sapan

Ferdinand menuturkan, ada beberapa hambatan yang sulit diperhitungkan menyangkut bencana alam. Misalnya, terkait waktu dan titik terjadinya suatu bencana yang tidak dapat diduga-duga. Contohnya puting beliung, katanya, bencana tersebut tidak dapat diprediksi kapan dan di mana akan terjadi.

“Seperti beberapa waktu belakangan ini, angin kencang terus terjadi khususnya di sore menjelang malam hari. Beberapa pohon bahkan tumbang. Seperti juga di Desa Waworaha, Lambuya. Kalau ada banjir mereka kena. Mereka harus sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya,” tandas mantan Kepala BPKAD Konawe itu. (adi/b)

Tinggalkan Balasan