Vaksinasi Anak Terkendala Restu Orang Tua

KENDARINEWS.COM — Vaksinasi anak sudah dicanangkan. Terutama anak usia 6-11 tahun. Namun, hingga saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari masih mengalami kendala restu orang tua. Sehingga, dari target sasaran 37.352 anak, baru sekira 4.726 anak ikut vaksinasi jenis Sinovac. Jika dipersentasekan, baru sekira 12,65 persen saja.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, masih banyak orang tua murid belum berkenan anaknya divaksin. Mereka terhasut informasi hoaks, sehingga khawatir terjadi sesuatu pada anaknya jika divaksin. “Banyak juga orang tua belum memahami pentingnya vaksinasi ini. Padahal, kami melakukan ini agar imun anak semakin kuat, sehingga tidak khawatir lagi terserang virus saat proses pembelajaran tatap muka nantinya,” ungkap Rahminingrum, kemarin.

Meski banyak kendala, Dinkes Kendari tetap berupaya keras, agar vaksinasi anak ini secepatnya terealisasi keseluruhan. Sejauh ini, 4.726 anak yang sudah melakukan vaksin belum ada gejala yang terjadi atau semua baik-baik saja. “Alhamdulillah, sampai sekarang belum ada laporan yang kami terima, bahwa ada gejala terjadi setelah melakukan vaksin. Harapan kami, orang tua siswa mengizinkan anaknya untuk divaksin. Ini juga untuk kebaikan anak mereka. Kami selaku pemerintah berupaya agar anak di Kota Kendari terhindar dari virus,” tutupnya. (m1/b)

Tinggalkan Balasan