oleh

Obat Alami Demam Berdarah (DBD) Yang Wajib Diketahui

KENDARINEWS.COM — Demam berdarah (DBD) adalah penyakit akibat virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Infeksi demam berdarah menyebabkan kadar trombosit tubuh menurun drastis sehingga jumlah keping sel darah menurun.

Kondisi tersebut yang dapat meningkatkan risiko anda mengalami perdarahan sehingga menyebabkan syok.

Sebagaimana dikutip dari SehatQ, beberapa buah-buahan alami yang dapat digunakan sebagai obat demam berdarah antaar lain :

  1. Buah Jambu Biji Merah

    Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa jambu biji merah dapat membantu meningkatkan kadar trombosit tubuh pada penderita DBD.Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyakit, termasuk infeksi virus dengue.

    Selain itu, senyawa lain seperti flavonoid di dalam jambu biji merah juga berperan dalam menekan pertumbuhan virus dengue.Hal tersebut dapat mencegah risiko perdarahan akibat rusaknya trombosit yang disebabkan oleh serangan virus dengue.

Biji Jambu Merah

2. Beras Angkak

Beras Angkak Merah

Angkak adalah salah satu jenis beras dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi merah dan banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit termasuk penyakit demam berdarah.

Sejumlah penelitian dilakukan untuk membuktikan angkak sebagai obat DBD alami yang membantu meringankan gejala demam berdarah.

Penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor menunjukkan bahwa kapsul ekstrak angkak bisa meningkatkan trombosit pada hewan uji tikus putih yang mengalami trombositopenia (kadar trombosit dalam darah rendah).Pemberian angkak yang dapat meningkatkan kadar trombosit ini dipercaya dapat membantu pasien demam berdarah menjadi lebih cepet pulih.

3. Jus Appel

Obat DBD tradisional berikutnya adalah jus apel. Jus apel dianggap dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah sehingga meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.Selain itu, apel merupakan antioksidan alami yang dapat membantu melindungi sel-sel darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi jus apel sebagai obat demam berdarah alami setiap hari sebanyak 2-3 kali sehari.

Jus Buah Appel

Dan masih banyak lagi buah yang diklaim dapat digunakan Obat Demam Berdarah.

Namunpun demikian, jika terdapat gejala Demam Berdarah seperti : Demam tinggi secara mendadak, Otot terasa nyeri, sakit kepala, mual dan muntah, tubuh mengalami kelelahan dan munculnya ruam merah sebagaimana dikutip dari Halodoc sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. (Sbr/)

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

  1. This is very interesting, Thank you for sharing your article. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further post thanks once again.