oleh

Tiga Destinasi Wisata di Buteng Bakal Dipoles

-Buton Tengah-76 Dilihat

KENDARINEWS.COM — Dinas Pariwisata Buton Tengah (Buteng) akan membenahi infrastruktur di tiga destinasi wisata. Alikasi anggaran Rp 5 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2022 telah disiapkan untuk memoles Pantai Mutiara, Tanjung Buaya, dan Danau Anano Tei.

Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin, mengungkapkan sebelum mengakhiri masa jabatan, Bupati Buteng Samahuddin ingin merampungkan pembangunan tiga objek wisata. Tahun ini anggarannya Rp 5 miliar. Hanya saja, kepastian pengembangan wisata itu masih menunggu terbitnya Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Anggaran Rp 5 miliar tersebut akan digunakan untuk peningkatan infrastruktur pariwisata berupa pembangunan rumah ibadah di Tanjung Buaya, pembangunan plaza dan gazebo di Pantai Mutiara dan Danau Anano Tei, pembuatan patung untuk pendukung kebutuhan swafoto di Pantai Mutiara, pembangunan toilet di Pantai Mutiara, serta pemeliharaan tempat wisata,” argumentasinya.

Danau Anano Tei, salah satu destinasi wisata populer di Buton Tengah.
(DISPAR BUTENG FOR KENDARI NEWS)

Menurutnya, membangun tempat ibadah karena wisata yang dikembangkan di Buteng adalah wisata halal. Harapannya pengunjung dapat berwisata tanpa harus khawatir kesulitan melaksanakan ibadah. “Kita juga berencana menyediakan cinderamata dan kuliner bagi wisatawan di Anano Tei,” terang mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Buteng itu.

Sementara itu, pembangunan plaza dan penambahan gazebo di Pantai Mutiara dan Danau Anano Tei mempertimbangkan masih adanya area terbuka di dua lokasi tersebut. Jika tidak dimanfaatkan untuk fasilitas tempat berteduh dikhawatirkan justru akan menjadi kawasan kumuh.
(uli/b)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed