Peringati Hari Bersepeda Sedunia, BPTD XVIII Sultra Gowes Bersama KSOP Kendari

Kepala BPTD Sultra XVIII Benny Nurdin Yusuf (Kanan) dengan penuh semangat saat mengikuti gowes dalam rangka memperingati hari bersepeda sedunia, Jumat (4/6).

KENDARINEWS.COM — Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sulawesi Tenggara (Sultra) menaruh perhatian khusus terhadap olahraga bersepeda. Tanggal 3 Juni yang diperingati hari bersepeda sedunia, Kepala BPTD XVIII Sultra Benny Nurdin Yusuf menggelar gowes bersama pegawai Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Kendari, Jasa Raharja, dan Bandara Halu Oleo.

53 peserta ikut dalam kegiatan tersebut. Rutenya, dari kantor BPTD XVIII Sultra-jembatan Teluk Kendari-bundaran RSUD Kota Kendari-Bundaran Stainless, dan finish ditempat semula.

Benny Nurdin Yusuf mengatakan, 3 Juni sebagai hari sepeda sedunia atau world bicycle day mulai ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2018. Gerakan ini direspon positif bangsa Indonesia. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Direktorat Jendral (Ditjend) Perhubungan Darat Budi Setyadi.
“Sesuai anjuran Presiden Joko Widodo, bersepedea bukan sekedar berolahraga saja. Tetapi lebih dari itu. Karenanya akan digaungkan gerakan bersepeda sebagai salah satu sarana transportasi aktif bagi seluruh elemen masyarakat,” katanya, Jumat (4/6).

Bersepeda dapat digunakan saat berangkat kerja ke kantor, ke sekolah, dan juga ke pasar bagi ibu-ibu. Beberapa negara di dunia sudah menerapkan sistem tersebut. Indonesia sudah mulai digalangkan.

“Tingkat pertumbuhan pengguna motor sangat tinggi. Tidak seimbang dengan pengguna sepeda. Misalnya kita lihat sangat sedikit yang menggunakan sepeda ke sekolah. Sosialisasi akan intens digelar,” jelas Benny Nurdin Yusuf.

Namun demikian, lanjut Benny, gaung bersepeda akan diiringi dengan suasana menghadirkan kenyamanan. Penataan lingkungan yang hijau, pembukaan jalur khusus bersepeda dan lain sejenisnya. “Sehingga gerakan bersepeda tidak menjadi rutinitas membosankan,” tandasnya. (ali/b)

Tinggalkan Balasan