Penuhi Syarat, 85 WBP Terima Remisi Idul Fitri

Konawe


KENDARIPOS.CO.ID — Momentum hari raya Idul Fitri menjadi tambahan berkah bagi sebagian narapidana rumah tahanan (Rutan) Klas IIB Unaaha. Di momen Ied tersebut, 85 orang dari 264 warga binaan pemasyarakatan (WBP) mendapat kado istimewa pemotongan masa tahanan atau remisi. Kepala Rutan Klas IIB Unaaha, Herianto, mengatakan, pemberian remisi bagi 85 WBP dilakukan usai pelaksanaan salat Ied. Sebelumnya, dokumen calon Napi penerima remisi tersebut telah diusulkan ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

“Remisi itu diberikan bagi warga binaan yang menunjukkan perilaku baik selama berada di dalam Rutan. Mereka semua memenuhi syarat, diantaranya sudah menjalani masa hukuman minimal enam bulan penjara, serta aktif mengikuti program-program pembinaan di dalam Rutan,” ujar Herianto, Senin (17/5). Ia menuturkan, remisi yang diterima 85 WBP Rutan Klas IIB Unaaha besarannya bervariasi. Mulai dari pengurangan masa hukuman 15 hari hingga 45 hari. Jenis pidana para WBP penerima remisi itu, terdiri dari pidana umum sebanyak 67 orang, pidana narkotika 16 orang, serta pidana undang-undang (UU) Kehutanan dua orang.

Herianto

“Pemberian remisi bukan hanya untuk memenuhi hak para Napi, namun lebih dari itu merupakan apresiasi bagi mereka yang menjalani hukuman namun menunjukkan perilaku yang baik,” tuturnya.
Herianto menyebut, pemberian remisi tersebut dilakukan secara transparan dan telah sesuai prosedur melalui sistem database pemasyarakatan (SDP). Dirinya berharap, remisi yang diberikan bagi WBP tersebut dapat membuat Napi semakin termotivasi mengikuti program-program pembinaan yang ada di Rutan Klas IIB Unaaha.
“Sehingga ketika kembali di tengah-tengah masyarakat, mereka bisa menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik dari sebelumnya,” tandasnya. (c/adi)

Tinggalkan Balasan