Berlangsung di Enam Titik, Pasar Murah Pemkab Muna Dilaksanakan 29 April Hingga 3 Mei

Muna

KENDARINEWS.COM — Untuk menjaga kestabilan harga pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna akan menggelar pasar murah jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Pasar murah tersebut akan dipusatkan di enam titik. Rencananya, pasar murah ini akan dilaksanakan mulai 29 April hingga 3 Mei mendatang.

Wakil Bupati (Wabup) Muna, Malik Ditu mengatakan, pelaksanaan pasar murah itu terbagi menjadi lima kali diselenggarakan Pemkab Muna dan satu kali Pemprov Sultra. Adapun enam wilayah pasar murah itu antara lain Desa Lambiku Kecamatan Napabalano, Desa Lohia dan Waara, Kecamatan Lohia, Desa Bahutara Kecamatan Kontukowuna, Desa Lambelu Kecamatan Pasikolaga, Desa Moolo Kecamatan Batukara dan alun-alun Kota Raha, Kecamatan Katobu.

“Jadi, pasar murah ini akan dimulai hari Kamis sampai Senin secara bergantian. Pasar murah akan dimulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang,” jelasnya. Pelaksanaan pasar murah itu dimaksudkan untuk menyiapkan bahan pangan bagi masyarakat yang harganya terjangkau menjelang hari raya. Selain itu, pasar murah juga diharapkan dapat menjaga stabilitas inflasi karena potensi kenaikan harga barang. Pasar murah sendiri akan menyiapkan sembilan bahan pokok dan kebutuhan rumah tangga lainnya. “Masyarakat bisa memanfaatkan pasar murah untuk mendapat harga terjangkau,” ujarnya.

Ia menambahkan, pasar murah itu akan dilaksanakan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Malik Ditu meminta tim kecamatan dan Dinas Kesehatan agar menyiapkan sarana pendukung seperti tempat cuci tangan, memasang tenda yang sesuai jarak aman serta menyiapkan masker. “Arahan prokes ini wajib dipatuhi, termasuk bagi warga yang ingin berbelanja saat pasar murah nantinya,” imbuhnya. (c/ode)

Tinggalkan Balasan