Dinkes Wakatobi akan Bangun Satu Puskesmas Standar di Binongko

Wakatobi

KENDARINEWS.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi terus memaksimalkan lobi untuk mendapatkan anggaran dari Pemerintah Pusat. Terbukti, sejak tahun 2019 lalu dalam meningkatkan pelayanan, Dinkes Wakatobi dapat membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) pada empat pulau besar. Bahkan tahun 2021 ini, satu lagi gedung baru Puskesmas sesuai standar akan dibangun di Popalia, Kecamatan Togo Binongko.

Kepala Dinkes Wakatobi, Muliadin Anis, menyebut, pada tahun 2019 lalu, dana alokasi khusus (DAK) yang dikucurkan Pemerintah Pusat telah berhasil membangun tujuh gedung baru Puskesmas. Lalu, tahun 2020 empat bangunan direhab serta dua didirikan di Pulau Wangi-Wangi sebagai Puskesmas pariwisata. “Totalnya ada enam yang dibangun tahun 2020 lalu. Tapi karena pekerjaan salah satu Puskesmas pariwisata menyeberang tahun sehingga peresmiannya juga terlambat. Tapi, akan diupayakan diresmikan tahun 2021 ini untuk semua yang dibangun melalui DAK tahun lalu,” jelasnya, kemarin.

Rencananya di Popalia Kecamatan Togo Binongko akan dibangun gedung baru sesuai standar. Tak hanya Binongko, DAK tahun 2021 ini, Puskesmas di Tampara Pulau Kaledupa juga mendapatkan porsi anggaran. Ditargetkan akan dikerjakan tahun ini dan selesai pada tahun anggaran yang sama. Sebelumnya, Kepala Bidang Bina Pelayanan Kesehatan, Dinkes Wakatobi, Jumrat, menyebut tahun 2021 pihaknya kembali mendapatkan DAK untuk pembanguan dua gedung baru Puskemas. “Tahun ini ada dua paket besar melalui DAK juga untuk pembanguan gedung baru Puskemas Popalia dan Tampara. Pembangunannya akan dilakukan tahun ini juga dan diupayakan tuntas sesuai kontrak,” kata Jumrat. (b/thy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *