Uji Coba Dermaga di Kaledupa Diagendakan Tahun Ini

Wakatobi

KENDARINEWS.COM — Pekerjaan dermaga penyeberangan feri Kaledupa memang telah tuntas dilakukan. Rencana uji coba proyek yang dikerjakan sejak tahun 2018 ini akan dilakukan tahun ini juga. Namun, terkait waktu peresmiannya, Dinas Perhubungan (Dishub) Wakatobi masih menunggu konfirmasi dari pihak Balai Transportasi Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kepala Dishub Wakatobi, Hariadin, mengatakan pihaknya belum dapat berkomentar banyak terkait hal itu. Sebab proyek APBN tersebut memang bukan kewenanganya. Namun ia membenarkan rencana uji coba dermaga yang terletak di Kelurahan Buranga, Kecamatan Kaledupa ditarget tahun 2021 ini juga.

“Koordinasi kami dengan pihak Balai Transportasi Darat informasinya tahun ini. Tapi kita belum tahu tepatnya kapan. Hanya saja, kami dari Dishub Wakatobi masih menunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak terkait mengenai hal ini,” jawabnya, Selasa (9/3). Pihaknya bersyukur pekerjaan proyek bisa diselesaikan sesuai dengan target. Apalagi di Wakatobi saat ini ada tiga pekerjaan dermaga penyeberangan pada tiga pulau besar. “Kaledupa selesai lebih dulu karena pekerjaannya juga paling awal. Sementara Tomia dan Binongko baru menyusul tahun 2019 lalu,” terangnya.

Sementara itu, selain peresmian dermaga penyeberangan, rencananya pada saat bersamaan akan ada langsung dengan kapal feri yang melayani. “Iya rencana sudah dengan kapalnya. Karena ini satu paket. Tapi sekali lagi, saya belum bisa berbicara detail mengenai hal ini,” sambung Hariadin. Untuk kegiatan tersebut, Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran pada tahun 2018 lalu sebanyak Rp 5,5 miliar. Sementara pada tahun 2019 sebesar Rp 21,7 miliar dan yang direalisasikan 2020 sekaligus tahap akhir diporsikan kurang lebih Rp 19 miliar. (b/thy)

Tinggalkan Balasan