Anggaran Disiapkan Rp 79 Miliar, Pengerjaan Jalan Lingkar Laworo Dilanjutkan

Muna Barat

KENDARINEWS.COM — Pengerjaan jalan lingkar atau ring road Laworo kembali akan dilanjutkan. Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 79 miliar. Anggaran ini diperuntukan untuk pembangunan jembatan dan pengerjaan jalur dua jalan lingkar yang sempat tertunda tahun 2020 lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Muna Barat (Mubar), Karimin mengatakan porsi anggaran untuk pengerjaan infrastruktur masih terbatas. Namun demikian, proyek-proyek yang menjadi prioritas akan tetap dilanjutkan. Diantaranya, pengerjaan jalur ring road.

“Pandemi covid-19 masih dirasakan dampaknya. Makanya, pengerjaan jalur lingkar Laworo akan kita kerjakan secara bertahap. Tahun ini, kita telah mengalokasikan anggaran,” ujarnya.Awalnya, pengerjaan jalan ring road dituntaskan tahun 2020. Namun akibat pandemi diundur tahun 2022. Makanya, pemerintah akan menggenjot pengerjaannya dua tahun ini. “Tahun 2020, dananya direfocusing. Namun kini kita anggarankan kembali. Sebenarnya, tahun ini untuk perencanaan penambahan panjang jalan, namun dialihkan ke pembangunan jembatan,” ujarnya.

Selain jalan dan jembatan, pihaknya akan membangun sarana irigasi, air bersih dan sanitasi sebagai kebutuhan masyarakat. Untuk air bersih, pemerintah akan menyambung perpipaan ke rumah-rumah warga dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dibangun melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

‚ÄúSelama ini sudah ditangani oleh Pamsimas sekarang kita tangani untuk sambungan ke rumah-rumah warga. Airnya sudah ada, perpipaannya sudah sekarang tinggal sambungan ke rumah-rumah warga,” tutupnya. (b/yaf)

Proyek Lingkar Laworo 2020
-Anggaran Rp 79 Miliar
-Pembangunan Jembatan Baru
-Pengerjaan Jalan Dua Jalur
-Target Rampung 2022

Tinggalkan Balasan