10 Puskesmas di Bombana Bertaraf Nasional

Bombana

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten Bombana di bawah kepemimpinan Bupati, H. Tafdil dan Wakilnya, Johan Salim, terus meningkatkan standar pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Selain pelayanan, mereka juga sukses membangun infrastruktur gedung puskesmas bertaraf nasional. Kepala Dinas Kesehatan Bombana, Sunandar, menyebutkan sejak tahun 2019, Pemkab berhasil membangun empat Puskesmas bertaraf nasional, tiga Puskesmas di tahun 2020. Sedangkan untuk tahun 2021 mendatang menyusul tiga Puskesmas lagi dengan fasilitas dan standar yang sama.

“Saat ini kita punya empat Puskesmas bertaraf nasional, tiga sementara penyelesaian, dan tiga lagi menyusul. Sehingga sejak 2019 sampai 2021 total Puskesmas kita yang sudah bisa dikatakan mewah sebanyak 10 dari total 22 Puskesmas yang ada di Bombana,” ungkapnya, Rabu (2/12). Dari tujuh puskesmas yang telah bertaraf nasional ini berada di Poleang Tenggara, Kabaena Tengah, Kabaena Induk Rarowatu Utara, Poleang, Lombakasih dan Masaloka. Sedangkan untuk tahun 2021 pembangunanya menyusul di tiga kecamatan berbeda.

“Pembangunan Puskesmas ini bersumber melalui dana alokasi khusus (DAK) afirmasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui usulan dari Pemkab Bombana,” terang Sunandar.
Tambahnya, fasilitas yang ada pada Puskesmas bertaraf nasional ini terdiri dari, gedung Puskesmas dua lantai dengan struktur bangunan anti gempa, dilengkapi dengan dua perumahan dokter, satu unit kendaraan roda empat, ditunjang dengan alat kesehatan lengkap serta difasilitasi pagar keliling.

“Untuk empat Puskesmas yang dibangun tahun 2019 sudah melakukan pelayanan kepada masyarakat, sedangkan untuk tahun 2020 pembangunan tiga puskesmas masih sementara berlangsung, begitupun di tahun 2021 juga akan menyusul,” imbuhnya.
Selain itu, Pemkab Bombana melalui Dinkes juga terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakatnya, salah satunya dengan menyediakan aplikasi jaringan informasi layanan anak dan ibu hamil (Jamilah). “Melalui berbagai fasilitas yang sudah disediakan di Bombana, saya berharap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya. (c/idh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *