HME FT UHO Lolos Pendanaan Kemendikbudristek

KENDARINEWS.COM–Membanggakan, Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (FT UHO) lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 202

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UHO, Prof. Dr. Ir. Adris. A. Putra, S.T.,M.T mengatakan bahwa HME FT UHO lolos PPK Ormawa dari Kementrian. “Ini merupakan capaian yang membanggakan. Kami dari fakultas senantiasa mendukung dan mendorong mahasiswa kami untuk berkreasi di luar kampus sesuai dengan bidang mereka,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa PPK Ormawa merupakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi, direncanakan, dan dilaksanakan oleh organisasi kemahasiswaan. Fokus kegiatan dapat berupa desa/kelurahan binaan ataupun non-binaan perguruan tinggi dimana PPK Ormawa dinaungi.

“Kegiatan PPK Ormawa terdiri dari beberapa topik, dan topik yang dipilih oleh Tim PPK Ormawa HME FT-UHO desa/kelurahan maritim yang berlokasi di desa desa Tombawatu, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe. Yang mana masalah yang dihadapi masyarakat yaitu belum bisa memanfaatkan secara maksimal hasil tangkap ikan melalui alat tangkap jaring. Sehingga dapat mencemari lingkungan pantai,” ujarnya.

Ia berharap, agar Tim HME FT-UHO ini bisa bermanfaat dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. “Semoga mahasiswa lainnya bisa termotivasi dengan adanya tim HME FT UHO ini, kami dari pihak Birokrasi Fakultas Teknik UHO sangat mengapresiasi akan tim HME FT UHO ini dalam menjalankan program nya dan kami sangat mensupport baik dari materi maupun moril,” harapnya.

Sementara, Ketua Tim PPK Ormawa FT UHO Finy Bin Rungga mengungkapkan bahwa pihaknya menawarkan solusi dengan memanfaatkan limbah ikan menjadi pakan ternak dengan membentuk masyarakat nelayan untuk melaksanakan program dan bisa meningkatkan pendapatan melalui penjualan pakan ternak tersebut. “Ada beberapa tahapan yang telah dilalui oleh Tim PPK Ormawa HME FT UHO pertama tim lolos administrasi, pada tahap administrasi ini tim membuat proposal pengusulan menjalankan program. Kedua tahap presentasi, setelah dinyatakan lolos pada tahap administrasi tim akan melaksanakan tahap presentasi untuk menjelaskan program yang akan dilaksanakan. Ketiga tahap pendanaan untuk melaksanakan program yang telah direncanakan. Dan tahap keempat yaitu abdidaya yang akan diselenggarakan di Universitas Udayana dan tim kami optimis akan lolos pada tahap ini untuk mempresentasikan hasil program yang kami laksanakan,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa bentuk pendanaan berupa dana hibah sebesar Rp 40 juta dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat di desa tujuan dengan mengharapkan peningkatan kapasitas kemahasiswaan, dari organisasi. “Di tahun sebelumnya sudah ada yang pernah lolos pendanaan, tetapi untuk di jurusan teknik elektro baru tahun ini lolos sampai tahap pendanaan dan hanya satu satunya tim yang lolos pendanaan yang mewakili UHO pada program PPK Ormawa 2024,” tutupnya.(win/kn)

Tinggalkan Balasan