Kunjungi Sultra,  Kepala Basarnas RI Bakal Tambah Alat Keselamatan Air di Bumi Anoa

KENDARINEWS.COM—Kesiapan dalam menanggapi keadaan darurat dan menyelamatkan nyawa menjadi prioritas utama bagi Badan SAR Nasional (Basarnas) Republik Indonesia (RI). Dalam upaya meningkatkan kapasitasnya, Kepala Basarnas RI, Marsekal Madya TNI Kusworo, melakukan pengecekan terhadap kesiapan alat utama penyelamatan di Kantor Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kusworo menjelaskan bahwa kunjungannya ke Kantor Basarnas Kendari merupakan bagian dari program kunjungan kerja ke berbagai kantor SAR di seluruh Indonesia. Dalam rangka meningkatkan kesiapan operasional SAR, penambahan alat dan personel menjadi langkah penting yang harus dilakukan.

“Kami telah mengevaluasi kondisi di Kantor Basarnas Kendari, terutama dalam menyambut operasi penyelamatan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah/2024,” kata Kusworo.

Menyadari pentingnya keselamatan di perairan, terutama di Sulawesi Tenggara yang mayoritas wilayahnya terdiri dari lautan, Kusworo menegaskan perlunya penambahan alat utama penyelamatan. Dalam evaluasi tahun sebelumnya, tingginya jumlah kecelakaan kapal menjadi perhatian utama, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas dan kesiapan SAR di daerah tersebut.

“Kami telah merencanakan penambahan alat utama penyelamatan pada tahun 2024 ini. Ini termasuk peningkatan kapal yang memiliki mobilitas tinggi dan mampu bergerak dengan efektif dan efisien di laut,” ujarnya.

Kusworo juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pj Gubernur Sultra atas dukungan dan kerjasama yang baik dalam upaya penguatan SAR di wilayah tersebut. Kolaborasi yang baik antara Basarnas dan pemerintah daerah menjadi kunci dalam meningkatkan kesiapan dan responsibilitas terhadap situasi darurat dan bencana.

“Dalam kondisi geografis Sulawesi Tenggara yang memiliki empat pos siaga dan dua unit siaga yang tersebar di wilayah yang luas, peningkatan alat utama penyelamatan menjadi hal yang mendesak,” jelas Kusworo.

Di akhir kunjungannya, Kusworo menyampaikan harapannya agar penambahan alat dan sumber daya SAR tersebut dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan keselamatan masyarakat di perairan Sulawesi Tenggara.

“Dukungan dan kerjasama dari semua pihak diharapkan dapat memperkuat kapasitas Basarnas dalam menyelamatkan nyawa dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,”pungkasnya.

Ditempat yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, menyambut kedatangan Kepala Basarnas dengan sukacita. Andap mengucapkan terimakasih kepada  Kepala Basarnas, atas kunjunganya ke Sultra sebagai  wujud dari kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap keselamatan masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya dalam menghadapi anomali musim dan bencana hidrometeorologi.

“Kami mengucapkan terimakasih, dalam kunjungan ke Sultra  Kepala Basarnas RI akan menambah alat dan sumberdaya lainya.  Kita tentu merasa terbantu dengan adanya tambahan alat, peralatan, dan sumber daya lainnya yang diberikan oleh Basarnas. Ini tentu merupakan kabar yang menggembirakan bagi kami, baik pemerintah provinsi maupun masyarakat Sulawesi Tenggara,” ujar Andap

Dia juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Basarnas dan pemerintah daerah dalam menjalankan tugas kemanusiaan. Semoga dengan adanya tambahan alat dan peralatan tersebut, Basarnas dapat lebih efektif dan efisien dalam menangani situasi darurat dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kami berharap agar upaya-upaya penyelamatan dan mitigasi bencana dapat terus ditingkatkan demi keamanan dan keselamatan masyarakat Sulawesi Tenggara. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan kekuatan kepada semua pihak yang terlibat dalam menjalankan tugas kemanusiaan,”pungkasnya. (rah/kb)

Tinggalkan Balasan