Sudarmanto dan AJP Kembali Terpilih, Versi Quick Count The Haluoleo Institute (THI) 

KENDARINEWS.COM–Kader Partai Golongan Karya (Golkar) Aksan Jaya Putra dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sudarmanto kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Periode 2024 – 2029 versi lembaga Survei The Haluoleo Institute (THI).

Berdasarkan hasil survei THI, AJP berkontribusi terhadap partai sebesar 66,18 persen, sementara Sudarmanto sebesar 52,23 persen dari jumlah data (suara) masuk sebesar 65,50 persen.

“Yang kita hitung (survei) kontribusi terhadap suara partai. Suara partai terdiri dari suara partai sendiri dan suara caleg,” ujar Direktur THI Naslim Sarlito Alimin usai konferensi pers hasil Quick Count Pemilu 2024 di  Swiss-Belhotel Kendari.

Selain AJP dan Sudarmanto, empat kursi lainnya pada Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Kendari berhasil diraih Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Abdul Rasak dengan raihan 68,31 persen, kemudian Caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sudirman sebesar 58,60 persen.

Sementara dua kursi lainnya diraih Caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hj Gunartin 51,04 persen dan Caleg Partai Demokrat Hj Isyatin Syam dengan perolehan capaian sebesar 50,39 persen.

“Tapi yang namanya Quick Count bukan sebuah kepastian tapi hanya prakiraan. Margin eror untuk Quick Count itu satu persen. Hasil berubah tentu ada peluang. (Hasil hitung cepat THI) kita hanya melihat ambang angka (perolehan suara) jika tidak fluktuatif atau flat maka langsung kita umumkan. Berdasarkan pengalam kami di Pemilu 2019, Pilkada 2020 itu kami kami hasilnya tidak jauh berbeda,” jelasnya. 

Terpisah, Caleg Partai NasDem, Sudarmanto menyambut baik hasil hitung cepat yang dilaksanakan oleh THI. Menurutnya, hasil tersebut tak lepas dari kerja keras semua pihak dan dukungan dari masyarakat Kota Kendari.

“Terima kasih atas dukungan dan doa seluruh keluarga, rekan, sahabat, dan kerabat yang secara tulus dan setia menemani perjuangan dan niat kami. Pemilu telah usai, saatnya menyatukan sekat yang sempat terpisah,” ungkap Sudarmanto.(Kn)

Tinggalkan Balasan