Pj Bupati Mubar Hadirkan PLTS di Desa Mandike

Desa Mandike, Dulu Gulita Kini Terang

KENDARINEWS.COM — Keluhan masyarakat Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Selatan, Pulau Bero Kabupaten Muna Barat (Mubar) tak pernah dialiri listrik akhirnya terjawab. Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar), Bahri merealisasikan program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di desa itu. Kini Desa Mandike yang dulunya gulita menjadi terang saat malam hari.

“Alhamdulillah program pembangunan PLTS tuntas dan terealisasi dengan baik. Semoga dengan bantuan listrik ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat,” kata Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri dalam sambutannya Sabtu malam (16/12).

Lanjut Direktur Perencanaan Anggaran Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri itu bantuan PLTS yang dibangun di Desa Mandike berkapasitas 20 kilo Watt peak (kWp). Dengan sumber anggaranya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mubar senilai Rp 4 miliar.

Pj Bupati Mubar,Bahri (kanan), Sekretaris Kabupaten (Sekab) Mubar, LM. Husein Tali (kiri) berpose usai meresmikan penggunaan PLTS di Desa Mandike, Pulau Beto, Mubar.

“Selama ini masyarakat Desa Mandike belum menikmati aliran listrik. Untuk mendapatkan cahaya listrik mereka gunakan biaya sendiri dengan mengadakan mesin genset. Makanya hari ini Pemda Mubar hadir dengan bantuan PLTS sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat,” tutup orang nomor satu di Mubar itu.

Sementara itu, Kepala Desa Mandike, Muhammad Kasim mengungkapkan pihaknya berterimkasih kepada Pj Bupati Mubar, Bahri yang telah memberikan bantuan pembangunan PLTS. Alasanya persoalan listrik tepah lama dikeluhkan masyarakat dan tak kujung ada. “Alhamdulillah hari ini keluhan kami terjawab oleh Pj Bupati Mubar, Pak Bahri. Kami ucapkan terimakasih,” ucapnya.

Muhamad Kasim menambahkkan, bahwa Pj Bupati Mubar, Bahri benar-benar sosok yang perduli dengan kondisi masyarakatnya. Hal itu terbukti dengan salah satu program PLTS yang dibangun yang merupakan salah kebutuhan dasar masyarakat. “Persoalan listrik ini telah dikeluhkan sejak dahulu oleh masyarakat. Alhamdulillah saat Pak Bahri berkujung ke Desa Mandike dan melihat Desa Mandike dalam keadaan gelap gulita dimalam hari, maka saat itu ia sampaikan akan turunkan bantuan PLTS. Hari ini ucapan itu diwujudkan. Makanya kami sangat berterimkasih,” pungkasnya. (ahi)

Tinggalkan Balasan