Harmin Ramba: Honorer Tak Aktif Bakal Ditertibkan

KENDARINEWS.COM–Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba bakal merapikan database pegawai non ASN di Konawe. Harmin berencana menertibkan pegawai honorer yang dianggap sudah tak aktif berdinas di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe. Ia tak menampik, upah tenaga kontrak di pemkab, nominalnya cukup besar. Namun, sebagian sudah terangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), bekerja di tambang, dan sebagainya.

“Ini yang akan kita tertibkan. Jadi honornya ini kita tidak akan keluarkan karena tidak boleh. Untuk apa juga kita bayarkan honornya kalau sudah tidak aktif,” ujar Harmin Ramba, Jumat (15/12).

Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu menegaskan, penertiban honorer ditujukan kepada orang-orang yang sudah tidak aktif lagi berkantor di Pemkab Konawe. Sebab mekanismenya, upahnya dapat dibayar apabila honorer itu aktif bekerja. Harmin Ramba menyebut, Pemkab pun sudah melakukan evaluasi dan validasi kepada honorer yang sudah tidak aktif berkantor.

“Beban APBD untuk pembayaran honorer di Konawe, mencapai sekira Rp 43 Miliar. Jadi lebih baik angka itu tetap, dan kita naikkan gaji untuk honorer yang aktif,” imbuhnya. (adi).

Tinggalkan Balasan