Dana Desa Rp 59 Miliar untuk 75 Desa di Wakatobi

KENDARINEWS.COM–Dana Desa (DD) tahun 2025 di Wakatobi mencapai Rp 59 miliar. Dana tersebut diperuntukan bagi 75 desa di delapan kecamatan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar, mengatakan DD tahun 2024 hampir sama dengan tahun 2023. Begitu juga untuk Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

“Kalau DD sudah ditentukan memang dari pusat. Tahun 2024 sebesar Rp 59 miliar. Sementara kalau ADD merupakan 10 persen dari dana transfer kita,” ujarnya.

Sementara lanjut dia, ADD tahun depan berkisar diantara Rp 47 miliar hingga Rp 49 miliar. Sementara untuk tahun 2023 total DD dan ADD Wakatobi capai Rp 107 miliar. Dan untuk tahun depan juga boleh dikata berkisar diangka yang sama dengan anggaran DD dan ADD tahun ini.

“Iya kalau ditotalkan hampir sama dengan tahun lalu. Karena tahun lalu juga kan DD capai Rp 59 miliar, begitu juga ADD yang anggarannya tidak beda jauh dengan tahun 2023 ini,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pencairan DD, desa yang mengajukan usulan. Pihak BPKAD Wakatobi mengajukannya ke Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau. Pencairan DD dari KPPN langsung ke kas desa masing-masing. Mengingat DD bersumber dari APBN. (thy)

Tinggalkan Balasan