Pemprov Sultra Gelar Job Fair Bursa Kerja, Siapkan 1.257 Loker

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali membuka Job Fair Bursa kerja 2023. Giat ini dilakukan untuk dapat menyerap angka pengangguran di wilayah  Bumi Anoa. Kegiatan digelar selama tiga hari mulai 28 November hingga 1 Desember 2023, di Lippo Plaza Kendari.

Pada job fair 2023 tersebut terdapat  25 perusahaan yang membuka 1.257 lowongan kerja untuk mengisi 108 jabatan. 

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan mengatakan dalam menyerap angka pengangguran di Sultra, Pemprov tentu harus melakukan langkah nyata. Dimana berdasarkan data yanga ada, terdapat sekitar 13.466 perusahaan di Sultra. Namun yang membuka lowongan saat ini hanya 25 perusahaan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada 25 perusahaan yang telah membuka lowongan kerja pada job fair ini,”kata Andap. 

Dijelaskan, berdasarkan aturan, setiap perusahaan wajib melaporkan kondisi perusahaannya. Saat ini, perusahaan yang kadaluarsa di Sultra sebanyak 4.260 perusahaan dan yang aktif 3.125 perusahaan.

Lanjutnya, bila tahun lalu, Job fair digelar  2 kali setahun kedepan, pihaknya akan rubah apakah tiap enam bulan sekali, tiga bulan sekali atau setiap bulan digelar Job fair.

“Saya rasa semua itu sulit namun bila kita memiliki komitmen moral menuntaskan maka tak akan ada kendala dalam penuntasan permasalahan tenaga  Kerja di Sultra. Mati kita laksanakan amanah kerja ini dengan sebaik-baiknya,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, La Ode Muhammad Haswandy mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan job fair ini didasarkan pada undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.  Serta Permenaker Nomor 39 tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja dan DPA perubahan dinas transmigrasi dan tenaga kerja provinsi Sultra tahun 2023.

Kegiatan tersebut untuk memberi fasilitas pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat serta keterampilan yang dimiliki. 

” Ini juga untuk memfasilitasi perusahaan dalam mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan. Serta upaya pemerintah untuk mengurangi pengangguran di Sultra,”ungkapnya

Dijelaskan, dalam job fair kali ini,   terdapat  25 perusahaan yang membuka 1.257 lowongan untuk mengisi 108 jabatan. Lowongan ini meliputi perusahaan pertambangan sebanyak 7 perusahaan, pembiayaan 6 perusahaan, retails 5 perusahaan, penyedia jasa tenaga kerja 2 perusahaan.

“Selanjutnya, perhotelan 1 perusahaan, perkebunan tebu dan pabrik 1 perusahaan, perkebunan kelapa sawit 1 perusahaan, penguji dan pengawasan (lab) 1 perusahaan dan perikanan 1 perusahaan,”jelasnya. (rah)

Tinggalkan Balasan