Dijagokan Bisa Kembali Pimpin Buton, Ini Respon La Bakry

KENDARINEWS.COM-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Buton bakal digelar September atau November 2024 mendatang. Meski masih cukup jauh, namun sejumlah nama bakal calon sudah bermunculan. Ada nama mantan Bupati Buton La Bakry, mantan Wakil Bupati Buton Lis Elianti, mantan Ketua DPRD Buton Hariasi Salad, Wakil Ketua DPRD Buton La Ode Rafiun, dan Tokoh Pemuda Buton Arimusdi.

Namun, diantara nama-nama itu, mantan Bupati Buton, La Bakry dijagokan atau berpeluang besar kembali memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buton. Sebabnya, berdasarkan hasil survei elektabilitas terbaru, La Bakry berada di posisi tertinggi. Unggul cukup jauh dari beberapa pesaingnya.

Lalu, bagaimana respon La Bakry terhadap hasil survei tersebut? Tentu saja, La Bakry menyambut positif. Ketua DPD Golkar Buton ini sangat berharap, masyarakat memberinya kesempatan untuk menuntaskan program periode sebelumnya.

“Pada prinsipnya, saya berharap bisa melanjutkan sejumlah program, yang belum tuntas pada periode sebelumnya. Sekiranya masih mendapat dukungan dari masyarakat Buton, saya ingin tuntaskan itu,” ungkap La Bakry saat dihubungi KENDARINEWS.COM, Minggu, 5 November 2023.

Beberapa program dimaksud, lanjut dia, diantaranya program bidang pertanian dan perikanan menuju Indonesia Emas tahun 2045. “Itu harapan kita ke depan,” ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil survei yang dirilis awal Oktober ini, elektabilitas La Bakry berada pada angka 20,7 persen. Unggul jauh dari mantan Ketua DPRD Buton Hariasi Salad 13,4 persen, Wakil Ketua DPRD La Ode Rafiun (9,7 persen), Tokoh Pemuda Buton Arimusdi (9,5 persen), dan mantan Wakil Bupati Buton Lis Elianti (7, 2 persen).

Nama La Bakry juga selalu muncul, dalam setiap kategori pilihan masyarakat dan selalu berada di posisi tertinggi. Sebagai contoh, pada simulasi 5 nama terbaik, La Bakry berada di posisi pertama dengan dukungan 20,5 persen. Pesaing terdekatnya hanya mantan Ketua DPRD Buton Hariasi Salad dengan 15,4 persen dukungan.

Kemudian, pada simulasi 3 terbaik, La Bakry kembali menduduki posisi pertama dengan 22,8 persen. Pesaing terdekatnya masih Hariasi Salad dengan 15,2 persen. Bahkan, pada simulasi 1 terbaik, La Bakry tetap menjadi yang terpilih, dengan dukungan 25,7 persen.

“Jumlah sampel dalam survei ini adalah 440 responden dengan margin error 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dari populasi itu, dipilih secara random (multi stage dan stratified random sampling) berbasis TPS setiap kecamatan di Kabupaten Buton,” tulis lembaga survei tersebut.

“Seluruh kegiatan survei dilaksanakan mulai 22 Oktober hingga 1 November 2023. Responden terpilih diwawancara secara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan jumlah surveyor 20 orang,” tambahnya. (KN)

Tinggalkan Balasan