Program ‘Siswa Menanam, Kendalikan Inflasi’ ala Dikbud Sultra Dilirik BI

KENDARINEWS.COM–Program ketahanan pangan siswa untuk membantu mengendalikan inflasi yang diterapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) dilirik Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sultra.

Bahkan keberhasilan siswa dalam program penanaman holtikultura di sekolah ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Bank Indonesia perwakilan Sultra.

Hal itu tertuang dalam rencana kerjasama Dikbud Sultra dan BI “Kami kesini mencoba eksplorasi kemungkinan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra dengan Bank Indonesia. Kami merasa bahwa program yang sudah dijalankan Dikbud kemarin yakni penanaman holtikultura di sekolah-sekolah beberapa bulan lalu merupakan dukungan yang bagus bagi pengendalian inflasi di Sultra,” kata Kepala Fungsi Perumusan Kajian Ekonomi Provinsi, BI Sultra, Rangga, usai pertemuannya dengan Kadikbud,Jumat (13/10)

Menurut Rangga, program ketahanan pangan Dikbud Sultra memiliki peluang besar dalam membantu pengendalian inflasi daerah

“Tentu saja semua upaya pengendalian inflasi akan diapresiasi oleh Bank Indonesia. Dimana dari beberapa komoditas ada masa-masa dimana stok tersedia, namun saat kemarau seperti ini, ada sebagian komoditas yang produksinya terganggu, tentu saja dengan adanya program ketahanan pangan Dikbud ini bisa membantu produksi dan ketersedian dari pasokan,” katanya.

Mengenai peluangnya Rangga menilai pasti besar, karena jumlah sekolah juga banyak, tentu memiliki punya potensi yang cukup besar.

” Tentu saja untuk bisa menjadi efektif kita butuh implementasi yang baik ke depannya,” imbuh Rangga.

Dalam pengendalian inflasi, kata Rangga, Bank Indonesia menitik beratkan perhatiannya pada tiga komoditas, yakni cabai, tomat dan bawang merah. Dan tiga komoditas inilah yang dikembangkan dalam program ketahanan pangan Dikbud Sultra.

“Sehingga sejalan dengan apa yang menjadi perhatian Bank Indonesia dalam pengendalian inflasi. “pungkasnya. (Kn)

.

Tinggalkan Balasan