Labengki Bersolek, Sambut Tamu Bulan PRB

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kabupaten Konawe Utara matangkan persiapan sambut tamu bulan pengurangan resiko bencana (PRB) nasional tahun 2023, yang bakal berkunjung di pulau wisata Labengki.

“Persiapannya sudah mencapai 75 persen. Segala sesuatunya baik diresort maupun di Labengki kecil, Pemkab Konut sudah mempersiapkan semaksimal mungkin. Nah, pada tanggal 12 Oktober semua kepala OPD, kabag dan camat hingga perangkat pemerintahan lainnya akan berada di Labengki untuk mempertajam kematangan dilapangan,”ujar Sekda Konut, H.M. Kasim Pagala, saat ditemui, (9/10).

Rencananya para tamu undangan dari sejumlah pejabat daerah dan kementrian akan mengunjungi Pulau Labengki selama dua hari, mulai Sabtu hingga Minggu. Kunjungan kesana, selain ngetryp. Para tamu undangan akan mensosialisasikan tentang pengurangan resiko bencana.

“Sabtu pagi itu, semua tamu sudah ada di Labengki. Pejabat BPBD dan kementrian dan Forkopimda berada di resort yang telah disiapkan. Sedangkan lainnya  berada di Labengki kecil, bertempat di home stay,”ujarnya.

Nantinya, sosialisasi tentang kebencanaan akan dilangsungkan. Termasuk pembersihan lingkungan wisata Labengki dan kegiatan tambahan lainnya. “Penempatan di Labengki dalam sosialisasi kebencanaan, mengingat Konut pernah dilanda banjir bandang pada tahun 2019 lalu. Nah disinilah akan diulas bagaimana mengurangi resiko dalam menghadapi bencana,”ujar mantan Kepala DPPKB Konut itu.

Kasim Pagala menuturkan kegiatan my trip Labengki tak hanya berfokus pada sosialisasi pengurangan resiko bencana. Namun, Pemkab Konut berkesempatan mensosialisasikan dan mempromosikan wisata Labengki pada pejabat daerah dan kementrian.

“Terlepas dari my trip Labengki ini, kita juga dari Pemkab Konut menjual dan memperkenalkan kepada semua tamu-tamu bahwa Labengki ini merupakan satu daerah wisata yang menjadi miniatur raja empat. Tak hanya keindahan alamnya dipermukaan yang memesona, tetapi keindahaan alam bawah lautnya melebihi keindahan yang terlihat dipermukaan,”sambungnya.

Kasim Pagala memastikan dari persiapan armada pemberangkatan para tamu di Pulau Labengki, pelabuhan, air bersih, tempat penginapan, pelayanan kesehatan, penyambutan tamu, pengadaan souvenir, juru bicara tamu dan lainnya yang menjadi fasilitas pendukung acara, telah dimatangkan dan persiapkan. Diproyeksi tamu yang akan hadir di Pulau Labengki mencapai ratusan orang. Mulai dari pejabat daerah hingga pejabat kementrian.

“Kita harus maksimalkan dan sukseskan acara bulan PRB Nasional ini. Semua persiapan yang ada agar di kumpulkan disatu titik, termasuk kapal jolor. Juga siagakan genset untuk penanggulangan listrik. Kebanggaan untuk Konawe Utara mempromosi wisata daerah secara langsung,”pungkasnya.(min/kn)

Tinggalkan Balasan