KPU Susun DCT, Diumumkan 4 November 2023

 KENDARINEWS.COM–Mulai hari ini, 4 Oktober 2023 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melaksanakan penyusunan Daftar Calon Tetap (DCT) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024. Dan penerapannya dijadwalkan pada 4 November

 Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Sultra, Hazamuddin mengungkapkan, dalam masa pencermatan DCT, pihaknya telah menerima beberapa masukan (perbaikan) dari Partai Politik (Parpol). 

 Hazamuddin enggan menyebut jumlah parpol yang melaporkan perbaikan administrasi Bacaleg. Meski begitu, informasi awal yang diterimanya bahwa laporan yang masuk didominasi adanya perubahan dan penggantian Bacaleg. “Belum bisa kami umumkan,” ungkapnya. 

 Meski sudah masuk tahap penyusunan DCT, pihaknya masih memberikan waktu selama satu bulan kepada pejabat publik terutama dari unsur ASN dan TNI/Polri untuk melengkapi persyaratan terkait dengan surat keputusan (SK) pensiun. 

 “Persyaratan itu menjadi salah satu dokumen yang wajib dilampirkan bagi calon legislatif unsur ASN dan TNI/Polri yang ingin maju di Pemilu 2024 mendatang. Kami himbau untuk segara melengkapinya,” kata Hazamuddin.

 Ia menambahkan, sesuai jadwal penetapam DCT akan dilaksanakan pada 4 November 2023. Pada saat itu, pihaknya meminta seluruh elemen terkait untuk menghormati ketetapan KPU terkait caleg yang akan bertarung pada 14 Februari 2024. 

 “Pengumuman (DCT) Tanggal 4 November. Kami masih rapatkan (pleno) dulu. Nanti kita lihat apakah ada perubahan atau pergantian, yang jelasnya (Parpol) tidak bisa menambah calon. Tapi mengurangi boleh,” kata Hazamuddin. 

Sekedar informasi, jumlah DCS Anggota DPRD Provinsi Sultra pada Pileg 2024 berjumlah sebanyak 693 orang. Ratusan caleg sementara itu berasal dari 18 parpol. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan