Amankan Pemilu 2024, Polda Sultra Gelar Rakor Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024

KENDARINEWS.COM– Mantapkan tugas keamanan dan kelancaran jelang Pemilu 2024, Polda Sulawesi Tenggara bersama seluruh jajaran Forkopimda Sulawesi Tenggara menggelar Rapat Koordinasi Operasi Mantap Brata Anoa 2023-2024, Selasa, (3/10) .

Dalam sambutannya, Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto, menyampaikan pentingnya Operasi Mantap Brata yang akan melibatkan seluruh tingkatan polisi dari Mabes Polri hingga satuan terdepan di polsek-polsek di seluruh Indonesia. Operasi ini bertujuan untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024, melibatkan berbagai pihak terkait, dan disesuaikan dengan karakteristik setiap wilayah.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di tingkat Mabes. Bapak Kapolri juga menegaskan bahwa Pemilu 2024 merupakan titik persimpangan sejarah bangsa Indonesia yang menentukan untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045,” kata Irjen Teguh Pristiwanto.

Sementara dalam paparan Direktur Intelijen dan Keamanan (Dir Intelkam) Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Andhika Vishnu, terdapat sembilan potensi kerawanan dalam tahap menuju Pemilu 2024. Di antaranya adalah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), penetapan Calon Legislatif (Caleg), penetapan Calon Presiden/Wakil Presiden (Capres/Cawapres), distribusi logistik Pemilu, dan kampanye di luar tahapan inti.

“Polarisasi politik di media sosial, deklarasi relawan, gugatan penyelenggara pemilu, serta konflik internal partai juga masuk kategori potensi kerawanan. Dalam pelaksanaan Pemilu 2024, tugas kepolisian adalah menjaga, mengawal, dan memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat,” pungkas Dir Intelkam.(kn)

Tinggalkan Balasan