Rektor Prof.Zamrun Sukses Memajukan UHO, Ini Prestasinya

KENDARINEWS.COM- 19 Agustus 1981, Universitas Halu Oleo lahir di bumi Sultra. 42 tahun mengarungi lorong waktu-sejak 1981 hingga 2023- UHO kian matang. Panji-panji universitas yang kini dipimpin Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc berkibar di panggung nasional, regional dan internasional melalui berbagai forum-forum akademis.

Ki-Ka: Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, PhD., (tengah) dan Ketua Senat Prof Dr La Niampe (kiri) saat rapat senat luar biasa dalam rangka Dies Natalis ke-42 tahun Universitas Halu Oleo di Auditorium Mokodompit, Sabtu (19/8) lalu

Selama 42 tahun, universitas konsisten melahirkan insan-insan intelektual. Selama 42 tahun, UHO mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang kini menyebar pada berbagai bidang profesi.

Selama 42 tahun, universitas terbesar di Sultra itu mempersembahkan karya dan prestasi. Selama 42 tahun, UHO berkontribusi membangun Sultra melalui kajian akademik yang dibutuhkan Pemda dan tri dharma perguruan tinggi. UHO sampai pada titik pencapaian saat ini, tak lepas dari kepemimpinan sang rektor, Prof.Zamrun.

Rektor UHO 2 periode itu dikenal disiplin dan taat azas. Kebijakannya selalu berlandaskan regulasi. Peneguhan prinsip fundamental terhadap persatuan yang dibangun Rektor Prof.Zamrun membawa kemajuan bagi UHO. UHO bersatu, UHO maju

“UHO bersatu, UHO maju merupakan penegasan kembali komitmen seluruh sivitas akademika untuk menyatukan semangat kolektif, berkolaborasi, berharmoni, sinkronisasi gerak, tekad, dan sinergi pikiran berjuang memajukan dalam membangun dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter serta berdaya saing,” ujar Rektor UHO, Prof. Zamrun dalam upacara perin – gatan Dies Natalis ke-42 UHO, Sabtu (19/8/2023)

UHO terus tumbuh, berkembang dan maju baik dalam aspek pembangunan maupun perwujudan tri dharma perguruan tinggi. “Melalui momentum Dies Natalis ke-42 ini, mari kita saling bekerja sama dalam mewujudkan misi UHO yang maju, unggul dalam inovasi pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang cerdas, komprehensif dalam pengembangan wilayah pesisir, kelautan dan pedesaan,” kata Rektor Prof. Zamrun dihadapan Senat dan seluruh keluarga besar UHO.

Misi itu adalah wujud implementasi atas visi yang dibangun Rektor Prof.Zamrun yakni menjadi 250 perguruan tinggi terdepan di dunia dalam Ipteks untuk benua maritim, harmonisasi dan kesejahteraan berkelanjutan. Dies Natalis ke-42 UHO tahun ini menjadi momentum merefleksikan dan mengevaluasi capaian UHO setiap tahunnya.

“Melalui perayaan Dies Natalis ini, mari kita mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai UHO. Selain keberhasilan, kita perlu mendalami kembali beberapa kendala dan kekurangan yang dihadapi pada tahun-tahun sebelumnya, sehingga pada masa-masa mendatang, kendala atau kekurangan tersebut tidak lagi terjadi atau dapat terselesaikan,” tegas Rektor Prof.Zamrun.

Karya dan Prestasi Berdasarkan data aktif pada semester genap tahun 2022/2023, jumlah mahasiswa UHO saat ini sekira 38.292 orang. Mereka terdistribusi pada 14 fakultas dan program pascasarjana. Perbandingan jumlah mahasiswa sarjana (S1) yang masuk dan jumlah lulusan setiap tahunnya setiap fakultas rata-rata mencapai 25 persen. Hal ini sesuai angka efisiensi edukasi (AEE) bahwa 25 persen dari jumlah mahasiswa sarjana dapat menamatkan pada tahun yang berjalan.

“Sedangkan jumlah dosen UHO sampai 31 Juli 2023 sebanyak 1.505 orang yang terdiri atas 1.144 orang PNS dan 361 orang nonPNS. Dosen UHO saat ini minimal berkualifikasi S2 dan setiap tahun terjadi peningkatan kualifikasi S3,” ujar Rektor Prof.Zamrun.

Ketua Pengda Kagama Sultra itu menuturkan, UHO menyediakan minimal 20 persen bangku kuliah gratis bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Hal itu sesuai amanat UU Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. UHO menerima mahasiswa kurang mampu dengan bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah, Adik Papua-Papua Barat, Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM), terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dan beasiswa dari sumber lain yaitu beasiswa Bank Indonesia, Yayasan Salim, Bombana pintar, Bombana prestasi, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), Baznas, PT.Djarum, PT.Antam UBPN Kolaka, PT. Antam UBPN Konawe Utara, dan CIMB Niaga.

“Selain dengan skema beasiswa, afirmasi bagi mahasiswa kurang mampu juga dilakukan dengan memberikan keringanan biaya, berupa penurunan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik, olahraga, keluarga yang terdampak bencana dan mahasiswa aktif kuliah yang orang tuanya meninggal dunia,” jelas Rektor Prof.Zamrun

Jumlah mahasiswa penerima beasiswa dan bantuan pendidikan sebanyak 8.612 orang. Jika dibandingkan dengan total mahasiswa UHO 38.292 orang maka persentase penerima bantuan pendidikan bagi mahasiswa UHO sekira 22,49 persen (melebihi yang dipersyaratkan undang-undang),” sambung Rektor Prof. Zamrun.

Alumni S3 Fisika Teori dan Komputasi, Tohoku University, Sendai, Jepang tahun 2005-2008 itu menjelaskan, UHO kerap mengikuti ajang lomba ilmiah. Pada waktu berbeda, UHO berhasil mengoleksi gelar juara I, juara II Begitu pula pada lomba seni, UHO berhasil meraih juara I, II dan III.

Keberhasilan itu merupakan indikator kepemimpinan Rektor Prof.Zamrun yang mendorong dan memfasilitasi kreativitas mahasiswa untuk berprestasi di luar kecakapan akademik. Rektor Prof.Zamrun meyakini, kreativitas akan tumbuh dan berkembang apabila mendapatkan rasa kebebasan dan tantangan untuk berkreasi, bereksplorasi, bereksperimen sehingga terbangun rasa ingin tahu yang menggelora. “UHO selalu memfasilitasi dengan menyiapkan berbagai program pengembangan minat dan bakat untuk menyalurkan dan mengekspresikan rasa ingin tahu dan kreativitas mahasiswa,” kata Rektor Prof. Zamrun.

Pada sektor inovasi digital, UHO menerapkan layanan akademik berbasis web website. Secara nasional, UHO kini berada diranking 32 versi Webo – metrics yang dirilis edisi Juli 2023 dan terjadi peningkatan dari tahun 2022 yakni diperingkat 54. Webometrics sangat berkaitan dengan pengukuran aspek sebuah web, baik itu situs web, halaman web, bagian dari halaman web, kata-kata di halaman web, hyperlink, hasil mesin pencari web. Webometrics merupakan situs pemeringkatan akademik terbesar dari Institusi Pendidikan Tinggi.

“UHO menyediakan fasilitas laboratorium dan perpustakaan yang mendukung kegiatan akademik mahasiswa. Diantaranya laboratorium yang dikelola oleh UPT laboratorium terpadu dan laboratorium pada UPT laboratorium kebun hayati,” tutur Rektor Prof.Zamrun.

Selain itu, pada masing-masing fakultas juga telah tersedia laboratorium unit Jurusan/Program Studi di bawah koordinasi kepala laboratorium jurusan/ prodi. UHO juga melalui UPT perpustakaan telah menyediakan layanan e-journal dan e-book layanan tersebut dapat diakses melalui laman http:// library.uho.ac.id. Berkat tangan dingin manajerial dan bimbingan Rektor Prof.Zamrun, kegiatan bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen UHO berkembang sangat dina – mis seiring dengan peningkatan kualitas SDM dosen.

“Jumlah penelitian Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPTM) yang diu – sulkan pada periode 1 Agustus 2022 hingga 31 Juli 2023 287 judul dan diterima sebanyak 37 judul. Total dana yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak Rp5.448.731.000,” jelas Rektor Prof.Zamrun. Lalu, 11 judul yang diterima pada bidang pengabdian kepada masyarakat, dengan total dana yang digunakan Rp315.717.000. “Selain didanai oleh DRPTM, UHO juga menyediakan sumber dana dari Badan Layanan Umum (BLU) yang jumlahnya sesekira Rp5.645.500.000 serta penelitian kerjasama pemerintah daerah yang diterima sebanyak 152 judul dengan anggaran sebesar Rp41.800.000.000,” imbuh Rektor Prof.Zamrun.

Ia menambahkan, jumlah publikasi internasional dan nasional dosen UHO tahun 2023 sebanyak 878 judul (data Agustus 2023). “Saya minta semua dosen UHO untuk meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal internasional bereputasi dan jurnal nasional terindeks Sinta 1 dan Sinta 2. UHO terus berkomitmen agar penelitian dan pengabdian dosen perlu melibatkan mahasiswa, sehingga mahasiswa mendapat pengalaman dalam penelitian yang berkualitas di bawah bimbingan dosennya,” pungkas Rektor Prof.Zamrun. (win/)

Tinggalkan Balasan