UHO Sebar 279 Mahasiswa Ikut PMM Angkatan III

KENDSRINEWS.COM–Geliat kampus yang dinahkodai Prof Zamrun Firihu kembali teruji. Terbaru terbesar di Sultra, Universitas Halu Oleo (UHO) melepas 279 mahasiswa yang akan melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan tiga dan tersebar di 80 perguruan tinggi di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. La Hamimu, S.Si., MT mengatakan bahwa tujuan dari PMM tersebut agar mahasiswa dapat beradaptasi dengan mahasiswa di universitas lain. “Khususnya dalam mempelajari budaya, seperti yang kita ketahui budaya di Indonesia itu banyak. Sehingga mereka diminta untuk mempelajari dan saling menghargai dengan budaya lain. Jadi mereka akan belajar di perguruan tinggi lain selama satu semester,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa kurang lebih ada 80 perguruan tinggi yang akan menjadi tujuan dar mahasiswa UHO. “Jadi jumlah dalam satu perguruan tinggi itu bervariatif, ada yang satu orang ada juga yang tiga orang. Adapun beberapa daerah tujuan yakni Kalimantan, Sumatera, Medan, Papua dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ia juga menghimbau kepada mahasiswa PMM angkatan tiga agar tetap menjaga nama baik UHO. “Belajar dengan baik dan mengikuti PMM sesuai dengan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” harapnya.

Sementara, Ketua Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Haluoleo, Dr. Sudarsono, ST.,M.Eng mengungkapkan bahwa PMM merupakan program dari Kementerian Pendidikan yang mana memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa belajar di perguruan tinggi lain. “Kebetulan UHO mengirim mahasiswa untuk melakukan PMM yang tersebar di 80 perguruan tinggi,” ungkapnya.

Diharapkan mahasiswa yang melakukan PMM itu dapat belajar dengan sebaik mungkin, mendapat pengalaman baru dengan tujuan untuk memperkaya khazanah keilmuan mahasiswa. Selain itu, di luar negeri ada namanya program kementerian yakni Internasional Study Mobility Awards yang mana dalam program tersebut mahasiswa diberi ruang untuk melakukan magang di luar negeri,” ucapnya.

Serta, Penanggung Jawab PMM, Dr. Eng. La Ode Ahmad Barata, S.T., MT, menuturkan bahwa jumlah pendaftar PMM yakni 730 orang, yang lolos 287, mengundurkan diri 8 orang. Jadi tersisa 279 orang. “Sedangkan untuk luar negeri ada program tersendirinya. Di jepang kurang lebih 150 orang, Jerman 57 orang dan masih ada beberapa negara lain,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa fasilitas yang didapatkan mahasiswa PMM yakni biaya hidup Rp 1.500.000 per bulan, biaya tiket pesawat pulang pergi dan asuransi ditanggung. “Untuk tempat tinggal difasilitasi oleh penerima, jadi itu kewajiban penerima untuk menyediakan tempat,” pungkasnya.

(win).

Ketgam: Foto bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. La Hamimu, S.Si., MT (baju biru dasi merah), Ketua Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Haluoleo, Dr. Sudarsono, ST.,M.Eng (samping Wakil Rektor) usai kegiatan.

Tinggalkan Balasan