Pemkot Dorong Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan

KENDARINEWS.COM–Kaum perempuan memiliki hak sama untuk turut andil dalam mendukung jalannya pemerintahan. Itulah yang diupayakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dengan mendorong keterlibatan kaum ibu dalam pembangunan daerah.

Upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, ditegaskan pemkot lewat sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kendari, kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, sosialisasi terkait partisipasi perempuan dalam pembangunan sangat penting. Sebab, dapat menciptakan keseteraan dan keadilan bagian semua kaum perempuan, untuk memperoleh kesempatan dan hak sebagai manusia dalam seluruh aspek kehidupan.

Dia menegaskan, Pemkot Kendari konsen dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Buktinya dalam kurun waktu lima tahun terakhir, khususnya pada sektor pemerintahan, pihaknya terus berupaya untuk mengintegrasikan perspektif gender ke seluruh aspek pembangunan. Mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan.

“Kami harap, sosialisasi ini dapat mendorong peningkatan partisipasi perempuan di semua bidang pembangunan, sesuai yang dimandatkan Presiden RI dan menjadi strategi arah kebijakan Kementerian PPPA RI,” ungkap Ridwansyah Taridala.

Sementara itu, Kepala DPPPA Kota Kendari Sitti Ganef mengatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini, untuk mengefektifkan pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender secara konkrit dan terarah. Utamanya, alam memperkuat peran pemerintah dalam mewujudkan empat aspek yakni, akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang dilakukan secara setara antara perempuan dan laki-laki.

Sekadar informasi, sosialisasi terkait pengarusutamaan gender ini dilaksanakan selama satu hari. Dengan menghadirkan narasumber seperti Sekda Kota Kendari, Dekan FISIP UHO dan Ketua KPU Kota Kendari. Sedangkan pesertanya berasal dari TP-PKK Kota Kendari, karang taruna, tokoh perempuan, Dharma Wanita Kota Kendari, dan Forum Anak Kota Kendari. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan