Herry Asiku: Ridwan Bae Paling Berpeluang Menangkan Pileg

KENDARINEWS.COM–Partai Golongan Karya (Golkar) mengusung lima bakal calon legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Mereka adalah Ridwan Bae, Ali Mochtar Ngabalin, Rusmin Abdul Gani, Abdul Rahman Farisi, dan Sucianti Saenong.

Dari lima bacaleg itu, nama Ridwan Bae disebut paling berpeluang memenangkan pertarungan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Ketua Partai Golkar Sultra Herry Asiku berharap, seluruh kader yang diusung menghadapi pileg bisa bekerja keras untuk memenangkan pemilu. Terkhusus bagi Ridwan Bae yang berstatus sebagai petahana (Incumbment) diharapkan bisa mengulang prestasi memenangkan pileg.

“Kami yakin seluruh kader bisa solid untuk memenangkan pemilu. Kami yakin, Pak Ridwan Bae bisa kembali memenangkan pemilihan legislatif termasuk kader partai lainnya. Semua punya kesempatan,” ungkap Herry Asiku, kemarin.

Terpisah, Sekretaris Partai Golkar Sultra mengungkapkan telah mengusung nama-nama caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra. Mereka yang diusung adalah kader terbaik partai yang berpotensi memenangkan pileg seperti diantaranya Ridwan Bae yang saat ini berstatus sebagi petahana.

“Dengan komposisi caleg yang ada ini kami optimis Partai Golkar bisa memperoleh 2 kursi DPR RI sebagaimana yang telah ditargetkan. Yang lalu (Pemilu 2019) saja hampir dua kursi hanya kita kurang sekitar 20 ribu,” ungkapnya.

Sementara, Pengamat Politik Dr. Najib Husain mengatakan peluang Partai Golkar memenangkan pileg sangat terbuka melalui kadernya Ridwan Bae. Menurut Najib, Ridwan Bae adalah figur yang secara emosional sudah melekat dihati masyarakat Sultra.

“Ridwan Bae secara internal tidak punya saingan berat. Sehingga peluangya untuk lolos masih sangat terbuka,” kata Najib Husain.

Meski Ridwan Bae diunggulkan dalam Pileg tahun depan. Magnet itu tidak begitu kuat pada empat kader lainnya. Menurut Najib, kondisi itu dipengaruhi kurangnya komunikasi dan kontribusi kader terhadap masyarakat Sultra. 

Najib mencontohkan, hadirnya tokoh nasional (Ali Mochtar Ngabalin) tidak terlalu full didaerah. Begitu juga pada beberapa kader lainnya.

“(Mereka) hanya datang (Di Sultra) sekali kali dan tidak banyak kontribusi yang bisa diberikan. Sehingga peluang tokoh nasional akan sama nasibnya dengan beberapa tokoh nasional yang berada di partai lain. Mereka tidak bisa mendapatkan banyak dukungan karena memang pemilih legislatif itu lebih banyak (dipengaruhi) ikatan emosional,” ungkap Najib.

Disisi lain, kata Najib, Pileg tahun depan menjadi sebuah tantangan awal bagi Ridwan Bae apakah bisa mempertahankan basis suara yang ada atau kemudian ternyata terjadi pergeseran. “Itu kemudian menjadi ujian awalnya sebelum ia mencoba menjadi untuk maju di Pilgub Sultra nantinya,” kata Najib. 

Sebelumnya, Ridwan Bae telah menyatakan kesiapannya bertarung dalam Pileg 2024. Bukan hanya di Pileg, Ridwan juga mengaku sudah siap maju sebagai Bakal Calon (Balon) Gubernur Sultra.

“Sebenarnya kalau Golkar tidak usah diragukan sejak awal Musda (Musyawarah Daerah) tahun 2020 saya telah dilahirkan sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara dan sampai sekarang belum pernah berubah,” ujarnya.

Namun dirinya memastikan tetap taat keputusan partai. Termasuk tingkat penerimaan masyarakat terhadap politisi partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Saya tentunya harus taat kepada keputusan partai untuk maju sebagai calon anggota DPR RI atau Gubernur. Kita juga kalau maju tidak serta merta, kita juga mesti melihat tingkat penerimaan masyarakat terhadap kita. Di bulan enam baru saya jalan,” terang anggota Komisi V DPR RI tersebut.

Namun, Ridwan optimis DPP bakal memberikan respon baik terhadap dirinya maju sebagai Caleg DPR RI termasuk Cagub Sultra.

“Biasanya kalau sudah keputusan musda seperti itu dengan ditunjang dengan hasil survei baik, kadang kalah tidak pernah bergeser. Lain halnya jika musda sudah memutuskan ternyata hasil surveinya pilihan masyarakat tidak memihak pada kita tentu ada pertimbangan lain kalau kita memiliki calon yang lebih layak,” ungkap Ridwan Bae. (ags/KN)

Tinggalkan Balasan