Bawaslu Konawe Awasi Pengajuan Dokumen Bacaleg

KENDARINEWS.COM — Pengajuan dokumen Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Konawe, berlangsung sejak 1-14 Mei 2023. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Konawe turut mengawasi pengajuan persyaratan Bacaleg pada pemilu 2024 di kantor KPU setempat.

Ketua Bawaslu Konawe, Sabdah, mengatakan, pengawasan pengajuan pendaftaran Bacaleg partai politik (parpol) di Konawe, menjadi domain lembaga yang dipimpinnya. Mulai dari prosedur, mekanisme, batas waktu pengantaran hingga perlakuan KPU Konawe terhadap peserta pemilu yang akan mengajukan berkas pendaftaran Bacaleg-nya.

“Jadi banyak hal yang kita awasi pada proses pendaftaran Bacaleg di Konawe ini,” ujar Sabdah, Jumat (12/5).

Ia menuturkan, untuk peserta pemilu, Bawaslu mengawasi apakah ada peserta yang menggunakan fasilitas negara saat proses pengajuan dokumen persyaratan Bacaleg. Termasuk, keterlibatan aparatur sipil negara (ASN), perangkat desa yang masih menjabat, TNI-Polri, serta Caleg yang pindah partai.

“Sejak dimulainya pembukaan pendaftaran Bacaleg pada tanggal 1 Mei 2023, kami mengawasi seluruh tahapan pendaftaran Bacaleg 2024 secara melekat,” tandasnya. (kn).

Tinggalkan Balasan