Empat Menteri Dijadwalkan Hadiri Rangkaian Hut Sultra, Catat Tanggalnya

KENDARINEWS.COM–Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-59 masih terus berlangsung. Saat ini, dalam memeriahkan hari jadi Provinsi Sultra ke-59 masih berlangsung lomba olahraga yang diikuti oleh sejumlah OPD lingkup Pemprov Sultra. Hal tersebut diungkapkan Ketua panitia HUT Sultra, Belli, Senin (1/5).

“Pelaksanaan rangkaian peringatan HUT Sultra ini kan bertahap. Salah satu rangkaian kegiatannya pertama upacara dan sidang paripurna yang sudah berlangsung pada tanggal 27 April di kantor Gubernur beberapa waktu lalu,” ungkapnya, kemarin.

Adapun rangkaian kegiatan berikutnya lanjut kepala Dinas Pariwisata Sultra ini, yakni pawai OPD dan terakhir pameran pembangunan yang akan dipusatkan di Kolaka Timur. Lebih teknis bisa tanyakan kepala bidang pemasaran pariwisata Sultra,”kata Beli menyarankan.

Terpisah, Kepala bidang pengembangan pemasaran dinas Pariwisata Sultra, Andi Syahrir menjelaskan, pelaksanaan peringatan HUT Sultra ini terdiri dari  tiga item kegiatan.

“Pertama peringatan puncak pada tanggal  27 di kantor Gubernur yang juga dilanjutkan dengan paripurna, dan dimeriahkan parade pesawat sukoi,” jelasnya.

Rangkaian kedua, lanjut dia, pada tanggal 8  Mei 2023 mendatang akan dilaksanakan Pawai yang diikuti seluruh OPD dan instansi vertikal, dan sejumlah kabupaten/Kota di kawasan MTQ, Kendari.
“Siang tanggal 8 itu kegiatan pawai, malamnya akan dilaksanakan malam ramah tamah, dan pesta rakyat yang akan dihibur artis legendaris Iwan Fals,” jelasnya.

Adapun rangkaian ketiga, kata Andi Syahrir adalah pameran pembangunan dan UMKM yang akan berlangsung pada tanggal 10-14 Mei 2023 di KabupatenKolaka Timur.

“Kegiatan rangkaian ketiga HUT Sultra ini akan dilaksanakan bersamaan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas-BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI),” imbuhnya.

Pelaksanaan Gernas-BBI dan BBWI ini merupakan program pemerintah pusat yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo. Dimana Gernas-BBI dan BBWI ini bertujuan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Dikatakan, sesuai jadwal, dalam Gernas-BBI dan BBWI ini akan dihadiri empat menteri.  Yakni, Menparekraf, Menteri desa,  Menteri PUPR, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

“Kita sangat mengharapkan para Menteri terkait bisa hadir, termasuk  menteri Luhut. Karena beliau yang menjadi koordinator Gernas BBI dan BBWI, “pintanya.

Ditambahkan, terkait sejumlah rangkaian kegiatan HUT Sultra tersebut, kegiatan pameran dan panggung hiburan rakyat melekat di dinas pariwisata.  “Kalau pengaturan stand pameran itu ada di biro pembangunan. Jadi untuk menyukseskan HUT Sultra ini sudah dibagi sesuai Tupoksi masing-masing, ” tambahnya. (Kam/KN)

Tinggalkan Balasan