Polres Kolut Siap Amankan Jalur Mudik

KENDARINEWS.COM — Gelombang pemudik tahap awal, mulai bergerak. Volume kendaraan yang melintas menuju Sulawesi Selatan (Sulsel) khususnya di Kolaka Utara (Kolut) mulai meningkat. Tidak hanya melewati jalur darat melewati gerbang perbatasan, namun juga melalui dermaga penyeberangan Tobaku. Untuk mematangkan kesiapan keamanan dan kenyamanan pemudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah ini, jajaran Polres Kolut menggelar apel gabungan Operasi Ketupat Anoa 2023.

Gelar pasukan pengamanan yang dipimpin Kapolres Kolut, AKBP Yosa Hadi turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati, Parinringi dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokopimda), Senin (17/4). Gelar pasukan gabungan tersebut melibatkan berbagai unsur dan instansi. Selain Polri, ada pula TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga personel pemadam kebakaran (Damkar).

Kapolres Kolut, AKBP Yosa Hadi, memastikan pelaksanaan operasi dengan sandi Ketupat Anoa berjalan lancar. Hal ini sebagaimana tema operasi tahun ini yakni “Aman dan Berkesan”. Makanya, Polres akan mengerahkan timnya pada sejumlah lokasi yang dianggap rawan. Sejauh ini, Polres telah membentuk tiga posko pengamanan. “Kalau Polres sendiri menurunkan 68 personel atau 2/3 kekuatan yang ada. Namun secara keseluruhan itu, ada 367 personel gabungan. Titik konsentrasi pengamanan di posko penyeberangan. Sebab cukup banyak pemudik yang menyeberang menuju sejumlah daerah di Sulsel. Di samping itu, kami juga melakukan pengawasan dan pengamanan di titik lain. Seperti di Posko Ranteangin yang bisa digunakan pemudik sebagai tempat beristirahat dan pelayanan lainnya. Begitu pun posko di Batuputih,” jelas Kapolres, Senin (17/4).

Sementara itu, Pj Bupati Kolut, Parinringi, mengaku akan memberi perhatian serius terhadap arus mudik lebaran. Untuk itulah, langkah pengamanan harus dilakukan secara ketat dan terkoordinasi. Upaya ini tak lain untuk mencegah gangguan keamanan dan meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan. “Kami berharap personil dari berbagai unsur bisa bekerja sama secara sinergi dan profesional dalam menjalankan tugas pengamanan. Kami mengimbau pemudik dan masyarakat menjaga diri dan berhati-hati mengendarai kendaraan dan beraktifitas. Pemerintah dan TNI-Polri telah berkomitmen menjaga stabilitas dan keamanan mulai arus mudik hingga balik lebaran. Kami berharap semuanya berjalan lancar dan aman,” harap mantan Wakil Bupati Konawe tersebut. (mal)

Tinggalkan Balasan