Menahan Diri dari Hawa Nafsu

Hikmah Ramadan

Kery Saiful Konggoasa (Bupati Konawe)

KENDARINEWS.COM — Ramadan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan. Banyak pengajaran yang bisa kita petik dalam bulan ini. Setiap insan muslim dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih bertakwa sebagaimana tujuan utama melaksanakan puasa.

Bulan suci Ramadan ini memerlukan banyak pengorbanan, yakni menahan diri dari makan dan minum sejak Imsak hingga waktu berbuka tiba. Termasuk menahan diri dari hawa nafsu dan perbuatan-perbuatan negatif. In Sya Allah, jika kita menjalaninya dengan ikhlas, ketakwaan kepada Allah SWT akan semakin kokoh.

Cahaya Ramadan akan senantiasa menerangi kalbu setiap insan yang berpuasa. Terlebih, jika menjalani puasa seraya menunaikan ibadah lain di bulan yang penuh magfirah ini. Raihlah pahala sebanyak-banyaknya di bulan Ramadan. Beribadah dengan sepenuh hati. Jangan lupa berbagi jika memiliki rezeki berlebih. In Sya Allah pahalanya akan semakin berlipat ganda.

Konsentrasi dalam beribadah harus diutamakan. Jangan mudah terpengaruh hawa nafsu yang membuat umat muslim kehilangan konsentrasi dalam rangka beribadah di bulan Ramadan.

Puasa ini melatih kita semua untuk lebih sabar pada banyak hal. Misalnya, dalam menghadapi isu-isu negatif yang berpotensi merusak kualitas ibadah puasa yang kita jalankan. (kn)

Tinggalkan Balasan