Hadapi MEA, Fakultas Peternakan UHO Genjot SDM Mahasiswa

KENDARINEWS.COM– Jurusan Peternakan pada Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (FPt UHO) terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswanya.

Ketua Jurusan Peternakan UHO, Widhi Kurniawan, S.Pt., M.Si., mengatakan, bahwa untuk menghadapi persaingan MEA saat ini, pihaknya melakukan berbagai upaya salah satunya yakni, pertama, melakukan penyusunan kurikulum yang relevan dengan tantangan MEA, dengan mengintegrasikan materi-materi yang kompatibel untuk menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi MEA.

“Kedua, mengadakan seminar atau lokakarya level internasional setiap dua tahun sekali yang membahas topik-topik yang relevan dengan MEA dalam bidang peternakan yang menghadirkan ilmuwan asing dan pelaku usaha skala industri,” ujarnya kemarin.

Widhi Kurniawan menjelaskan bahwa pihaknya juga mengadakan program magang ke perusahaan peternakan ternama, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar dan praktek langsung di lingkungan bisnis dan industri. “Dengan melakukan langkah-langkah ini, jurusan dapat membantu mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang diperlukan untuk menghadapi tantangan MEA dan bersaing di lingkup internasional,” jelasnya.

Adapun kemampuan mahasiswa yang dapat diterima secara luas oleh dunia industri, antara lain soft skill dan hard skill yang akan membantu lulusan beradaptasi dengan dunia kerja kelak.

“Skill tersebut termasuk skill berbahasa asing, kemampuan menggunakan IT, bekerjasama dalam tim dan daya analitis yang bagus,” katanya.

Widhi menuturkan, bahwa sesuai visi misi UHO, karakter khas mahasiswa Peternakan UHO dibanding dengan mahasiswa dari universitas lain adalah kemampuan mengelola sumberdaya pesisir guna mengembangkan industri peternakan.

“Jadi mahasiswa Peternakan UHO tak kalah saing dengan universitas lainya,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan mutu akademik di Peternakan pihaknya pun menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan dunia industri dan lapangan kerja.

“Melakukan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bekerjasama dengan duni a industri , menyeleggarakan seminar seminar maupun kul iah prakt i – si untuk meningkatkan wawasan sivitas akademika,” pungkasnya. (win/kn)

Tinggalkan Balasan