300 Siswa di Konawe Daftar Calon Paskibraka

KENDARINEWS.COM — Proses rekrutmen calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) nasional tahun 2023 di Konawe, masih sementara berlangsung. Jika sebelumnya ditangani pihak Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), saat ini penjaringan calon delegasi Paskibraka utusan Sulawesi Tenggara di Konawe, dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat.

Hal itu merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) RI nomor 51 tahun 2022 tentang program pasukan pengibar bendera pusaka. Kepala Badan Kesbangpol Konawe, Teri Indria, mengatakan, berpindahnya perekrutan Paskibraka dilakukan pasca keluarnya Perpres. Dalam aturan itu, segala ketentuan terkait dengan Paskibraka mulai dari proses pendaftaran nasional dan daerah, sepenuhnya digelar secara online. “Di Konawe juga kita lakukan secara online. Rekrutmen paskibraka via online ini sudah kita sosialisasikan disetiap SMA/SMK se-Konawe,” ujar Teri Indria, Rabu (29/3).

Pendaftaran online bagi siswa yang minat menjadi anggota Paskibraka Konawe, lanjutnya, dibuka sejak pertengahan bulan ini dan berakhir Jumat, 31 Maret 2023. Teri menyebut, jumlah pendaftar saat ini mencapai 300-an pelajar. “Antusias pelajar sangat baik. Perekrutan Paskibraka ini dipantau Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Dokumen pendaftaran siswa, kita kirim dan dipantau oleh BPIP,” ungkapnya.

Teri Indria menambahkan, Paskibraka tahun 2023 tak hanya bertugas saat upacara 17 Agustus seperti ditahun-tahun sebelumnya. Namun, mulai bertugas pada 1 Juni dalam momen peringatan hari lahirnya Pancasila. “Anggota Paskibraka itu jadi duta Pancasila. Makanya saya berharap, mereka bisa menularkan pengetahuan mereka wawasan Pancasila kepada teman dan lingkungan sekitarnya,” tandasnya. (kn)

Tinggalkan Balasan