Pemkab Konawe Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

Rp 31.250 Ribu Per Jiwa

KENDARINEWS.COM — Umat muslim yang berkecukupan diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah dibulan Ramadan. Tahun 1444 H/2023 M ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe telah menetapkan besaran zakat fitrah sebesar Rp 31.250 per jiwa. Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Konawe, Marjuni Ma’mir, mengatakan, besaran zakat fitrah ditetapkan melalui rapat bersama stakeholder terkait. Regulasi pembayaran zakat itu juga telah tertuang lewat surat Kkeputusan (SK) Bupati Konawe nomor 118 tahun 2023.

“Konsumsi bahan pangan masyarakat dikonversi ke beras. Sehingga jika dikonversi ke bahan pokok, zakatnya sebanyak 2,5 kg atau setara dengan 3,5 liter beras per orang,” ujar Marjuni Ma’mir, Kamis (30/3). Ia menuturkan, setelah besaran zakat tersebut disepakati, Pemerintah Kecamatan se-Konawe bisa segera menetapkan unit pengumpul zakat (UPZ) atau Amilin. Nantinya, Amilin itu yang mengumpulkan zakat fitrah masyarakat pada wilayahnya masing-masing.

“Jadi ini dikoordinir pihak Baznas Konawe. Ujung tombaknya ada di Pemerintah Desa dan Kelurahan. Nanti mereka yang menunjuk para Amilin dan di SK-kan sebagai pengumpul zakat,” tutur mantan Camat Asinua tersebut. Marjuni Ma’mir menambahkan, Pemkab Konawe juga telah hanya menetapkan golongan orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) di otorita tersebut. Masing-masing, dari kalangan fakir, miskin, orang tua jompo, janda tua, serta anak yatim yang walinya miskin. Rinciannya, 80 persen zakat fitrah yang terkumpul untuk kaum mustahiq. Serta 20 persennya untuk para Amilin.

“Zakat fitrah ini kita tetapkan lebih awal supaya ada kelonggaran bagi pembayar zakat. Kita harap agar pembayaran zakat fitrah dapat segera ditunaikan,” tandasnya. (kn)

Tinggalkan Balasan