Jalan Sehat Serentak BUMN, Ajang Sosialisasi Produk

KENDARINEWS.COM–Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) jatuh pada 16 Maret nanti. HUT BUMN disemarakkan dengan jalan sehat di 17 kabupaten/kota di Sultra pada Minggu 12 Maret 2023. Lembaga BUMN yang ada di Sultra menjadi penanggung jawab. Mulai PT. Pegadaian (Persero) Sultra, PT.BNI Cabang Kendari, PT. Askrindo, Perum Bulog Sultra, PT.Permodalan Nasional Madani (PNM), PT.Bio Farma hingga PT.Dahana Persero.

Khusus PT. Pegadaian (Persero) Sultra, kebagian jatah tanggung jawab di 4 daerah. Disela-sela jalan sehat nanti, PT. Pegadaian (Persero) Sultra akan menggelar literasi tentang Pegadaian kepada masyarakat yang hadir. Pada momen itu, Pegadaian akan menyosialisasikan produknya.

Head Area PT.Pegadaian (Persero) Sultra, I Gede Anom Sastrawan mengatakan event jalan sehat nantinya menjadi momentum untuk memperkenalkan berbagai produk BUMN khususnya produk Pegadaian kepada masyarakat. “Kami ingin agar masyarakat tahu peran dan fungsi Pegadaian. Bahwa Pegadaian bukan hanya sebagai tempat untuk menggadai barang (emas) melainkan memiliki berbagai produk menarik lainnya,” ujarnya, Kamis (9/3), kemarin.

I Gede Anom mengungkapkan, pihaknya percaya sebagai penanggung jawab jalan sehat di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe Utara (Konut) dan Kabupaten Konawe.

Saat ini Pegadaian menghadirkan produk KUR (Kredit Usaha Rakyat) Syariah dengan tarif hanya 0,14 persen per bulan. “Ini (tarif produk layanan) murah sekali. Sangat membantu masyarakat khususnya pelaku usaha mikro untuk mengakses layanan permodalan,” ungkapnya.

Syarat bagi masyarakat yang ingin mengakses produk tersebut cukup menyiapkan dokumen seperti foto copy E-KTP, melampirkan SIUP atau surat keterangan usaha dari kelurahan, dan dokumen pendukung lainnya.

I Gede Anom berharap, Kementerian BUMN yang menapaki usia ke-25 tahun semakin berkontribusi kepada masyarakat. “Kami juga berharap agar masyarakat memanfaatkan fasilitas atau produk dari BUMN sehingga BUMN bisa semakin maju, negara maju, dan masyarakat sejahtera,” tutupnya.

Untuk diketahui, Event Organizer (EO) Kendari Pos dipercaya sebagai penyelenggara teknis jalan sehat BUMN di Kota Kendari, Konawe Selatan (Konsel), dan Konawe Kepulauan (Konkep). Direktur EO Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan jalan sehat terbuka untuk umum. Kupon jalan sehat dapat diperoleh melalui Graha Pena Kendari Pos atau menghubungi panitia 0811409191.

“Pendaftaran tidak dipungut biaya. Untuk kriteria peserta jalan sehat itu minimal usia 13 tahun. Kami juga sudah menyiapkan hadiah menarik bagi peserta yang beruntung,” ujar Nursyamsi.

Wanita yang karib disapa Syamsi itu menjelaskan, wilayah yang menjadi fokusnya yakni di pelataran SSDC eks MTQ Kendari, lapangan Sorumba Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konsel dan lapangan TPI Langara Kabupaten Konkep.

Sebelumnya, Pemimpin Bisnis PT.BNI (Persero) Cabang Kendari, Parno mengatakan pihaknya ditunjuk sebagai penanggung jawab jalan sehat di Kota Kendari yang akan dilaksanakan di kawasan SSDC (Sultra Safety Driving Center) eks MTQ.

Ia berharap, seluruh masyarakat Kota Kendari berpartisipasi menyemarakkan jalan sehat ini dan merasakan manfaatnya. “Lewat kegiatan jalan sehat kami pastikan akan tercipta perputaran ekonomi di sekitar kawasan pelaksanaan, termasuk yang akan dilaksanakan di Konsel dan Konkep,” ujarnya kepada Kendari Pos.

Terpisah, Kepala Perum Bulog Sultra, Siti Mardati Saing mengaku siap menyukseskan kegiatan jalan sehat dalam rangka HUT ke-25 BUMN tahun 2023. Menurutnya, jalan sehat ini sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh masyarakat.

“Jalan sehat BUMN merupakan bentuk bakti kami kepada masyarakat. Kami tidak hanya menjalankan bisnis untuk meraih profit semata. Melainkan juga berkontribusi terhadap sektor kesehatan. Agar masyarakat kita sehat,” kata Mardati Saing. (KN)

Tinggalkan Balasan