Cegah “Permainan” Harga dan Stok Pangan di Konsel 

– Pemkab Siapkan Langkah Stategis

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan berupaya mencegah adanya permainan harga dan stok bahan kebutuhan pokok di tengah masyarakat. Langkah strategis dilakukan. Salah satunya dengan gencar melakukan monitoring di Pasar.

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga melalui Sekda Hj St Chadidjah mengatakan di daerah tersebut sektor pangan sangat memadai. Sebab Konsel salah satu Kabupaten penyuplai kebutuhan bahan pokok di Kabupaten atau Kota di Sultra bahkan hingga di Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Meski demikian kita tetap minta  Satgas Pangan lakukan langkah stategis agar bahan pangan tersedia dan dijangkau oleh masyarakat, apalagi jelang bulan suci Ramadhan,” kata St Chadidjah saat Rakor Satgas Pangan yang dihadiri OPD terkait dan Forkompinda di ruang rapat Sekda Konsel, kemarin.

Dalam rakor itu ditegaskan agar inflasi di Konawe Selatan dapat terus terkendali. Dirinya menekankan kepada satgas pangan betul-betul melaksanakan tugas dengan baik. 

“Tugas Satgas Pangan salah satunya memastikan bahwa tidak ada permainan di tengah kesulitan masyarakat atau pihak-pihak yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan, tidak ada spekulan dan penimbun komoditas yang terdampak pada inflasi,” tegas mantan Kadis Perindag konsel itu.

Mantan kepala BKPSDM Konsel itu menjelaskan sejumlah langkah strategis yang tujuannya agar bahan pangan betul-betul sesuai yang diharapkan, baik ketersediaannya dan harganya yang terjangkau. “Tak kalah penting harus ada kesesuaian data, karena yang sering menjadi kendala kita itu tidak singkronnya data. Makanya saya minta instansi terkait untuk melakukan pendataan yang kemudian dilaporkan,” pintanya.

Lebih lanjut Satgas Pangan diminta bersinergi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Memberi kepastian ke masyarakat, cegah terjadinya panic buying, dan pastikan kehadiran pemerintah melalui beberapa intervensi yang dilakukan jangka pendek, menengah, dan panjang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Setia Ningsih Mangidi mengaku pihaknya bersama tim satgas pangan bakal segera melakukan monitoring di pasar-pasar. “Kami juga bakal mengecek semua sektor penyedia pangan. Memastikan tak ada kendala dalam melakukan pendistribusian bahan pangan kepada masyarakat,” ucapnya. (kn)

Tinggalkan Balasan