oleh

FMIPA UHO Menuju WBK dan WBBM


KENDARINEWS. COM—Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (FMIPA UHO), tahun ini akan diajukan pengakuan sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dekan FMIPA UHO, Dr. Ida Usman, M. Si mengatakan FMIPA sebagai pilot project pembangunan zona integritas (ZI) di UHO yang ditunjuk langsung oleh Rektor. Tahun lalu saat tim datang untuk penilai internal, yang berasal Inspektorat Jenderal Kemdikbudristek, nilai yang diraih FMIPA sudah cukup dan layak diajukan sebagai WBBM dan WBK

“Namun karena pembatasan kuota dari Kemenpan-RB, FMIPA UHO belum diajukan, dan rencana akan diajukan pada tahun 2023 ini. Mudah-mudahan kita bisa secepatnya ajukan,” ujarnya saat diwawancara.

Ia menjelaskan, bahwa yang menjadi penekanan dalam zona integritas ini bahwa sangat memungkinkan lahirnya zona- zona baru yang juga ikut di dalam sistem integritas. Oleh karena itu, FMIPA UHO kedepannya menjadi percontohan kepada unit- unit kerja yang ada di UHO, dan melakukan sistem pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Sehingga, dapat melayani masyarakat sekitar dengan tepat, cepat, dan profesional serta menghapus praktek- praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan lemahnya pengawasan.

“Kami di FMIPA sudah siap dengan WBK dan mempersiapkan diri dengan WBBM.ZI adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Olehnya itu pembangunan ZI di instansi masing-masing sangat perlu adanya,” bebernya.

Sejak tahun pertama kata dia, standar layanan yang menunjang FMIPA sebagai ZI sudah dilakukan sampai saat ini. Atas dasar itu ia juga berharap FMIPA UHO secepatnya mendapatkan pengakuannya sebagai WBK dan WBBM.

“Harapan kami semoga tahun ini kita segera dapat pengakuan,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa FMIPA UHO juga siap membantu Fakultas lain yang ada di lingkup UHO dalam membangun ZI menuju WBK dan WBBM.

“Sebagai pilot proyek kami siap membantu Fakultas apapun dalam membangun ZI di Fakultasnya,” tutupnya.(win/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkini