oleh

Kriminalitas Meningkat, Polresta Kendari Tingkatkan Pengawasan

KENDARINEWS.COM–Kasus kriminalitas di Kota Kendari akhir akhir ini meningkat. Tak ingin kecolongan Polresta Kendari intensifkan pengawasan diberbagai sudut kota.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman mengatakan, akumulasi tindak pidana kriminal yang sedang ditangani per 20 Februari 2023, berjumlah 24 kasus. Rinciannya, penganiayaan sebanyak 4 kasus, perzinahan berjumlah 1, pemalsuan surat 1 kasus, penculikan, Undang-Undang Perlindungan anak  sebanyak 2, dan penculikan anak adalah 1 kasus. 

“Kasus lainnya narkoba sebanyak 5, pencabulan 2 kasus, penipuan 1 kasus, sajam tanpa izin 3 kasus, penipuan atau penggelapan 1 kasus, kekerasan dalam rumah tangga 1 kasus, dan penggelapan 1 kasus. Total 24 kasus,” kata Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman Jumat (20/1). 

Berkaitan dengan situasi Kamtibmas di Kota Kendari, langkah dan upaya-upaya yang ditempuh untuk menekan angka kejahatan yakni melakukan pencegahan, diawali menyambangi masyarakat dengan  mengedepankan tugas-tugas Bhabinkamtibmas di setiap Kelurahan dan Desa serta di Sekolah sekolah di wilayah Hukum Polresta Kendari. 

“Setiap Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di Desa ataupun Kelurahan intens sosialisasi kepada masyarakat dengan muara membangun kesadaran bersama menjaga keamanan dan ketertiban dengan baik. Poin utama adalah kesadaran yang menjadi dasar utama,” ujar mantan Kapolres Bima Nusa Tenggara Barat ini.

Selain itu, kata dia, ditempuh upaya  patroli di tempat-tempat tertentu dan pada waktu yang diprediksi sering terjadinya kejahatan. Titik yang menjadi perhatian khusus patroli yaitu wilayah Kecamatan Puuwatu di kelurahan Ponggolaka dan Tobuha, dan Kecamatan Kambu di depan Kampus UHO, kecamatan Kadia di daerah Wayong. 

“Jumlah personel setiap hari ada 30 orang untuk patroli. Kami juga memiliki tim khusus yaitu tim Lakban. Terdiri dari Reskrim Intel dan Sabhara yang On Call setiap waktu untuk bergerak, bila menerima laporan warga tentang adanya kejahatan,” ujar Eka Faturrahman. 

Mantan Dir Narkoba Polda Sultra ini menuturkan, tindak lainnya yang ditempuh yakni melakukan proses penegakkan hukum kepada setiap masyarakat yang melanggar hukum pidana, terutama kejahatan-kejahatan yang bersifat meresahkan. 

“Jika diduga melakukan kejahatan kriminal maka kami tindak tegas tanpa pandan bulu demi menciptakan kamtibmas dengan yang kondusif,” tuturnya. 

Mantan Kapolres Lombok Timur itu menambahkan, terciptanya Kamtibmas yang harmonis bagian dari mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Kendari. Ia mengatakan, hal tersebut bagian dari komitmen Polresta Kendari mendukung kebijakan pemerintah Kota Kendari. Tak kalah pentingnya, bersinergi bersama Forkopimda dalam membantu menekan angka inflasi. 

“Polresta Kendari juga bersama dengan BPKP, ikut serta melakukan penguatan, pendampingan dan pengawasan berkaitan Pelaksanaan kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBN dan APBD,” tandasnya. (kn). 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkini