oleh

Polda Dukung Pemprov Tuntaskan Lahan P2ID

KENDARINEWS.COM–Kepolisian daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) siap memback-up Pemerintah Provinsi Sultra dalam proses persertifikatan lahan Pusat Promosi dan Informasi Daerah (P2ID).

Hal itu disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Sultra, Waris Agono usai mengikuti kegiatan penyerahan sertifikat tanah secara virtual untuk rakyat oleh Presiden beberapa waktu lalu.

“Persoalan lahan P2ID ini sudah pernah kita rapat bersama dengan Pemprov sejak dua tahun lalu. Sebenarnya orang-orang yang masih menguasai lahan itu mestinya harus dikeluarkan dari situ, ” tegasnya.

Wakapolda menjelaskan, Pemprov harus segera mengeluarkan secara paksa terhadap oknum yang masih bertahan di atas lahan P2ID tersebut.

“Siapa yang berhak mengeluarkan, yakni Pemprov selaku pemilik lahan. Lalu Pemprov kan punya perangkat Satpol-PP, ” terangnya.

Ia berjanji, pihaknya siap mendukung langkah Pemprov untuk menuntaskan penguasaan lahan aset milik Pemprov itu.

“Nanti bekerjasama dengan aparat Polda dan BPN jadi kita akan Backup. Kita juga sudah pernah bersama BPN melakukan pengukuran berulang-ulang, ” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala bidang (Kabid) Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Rajab menjelaskan, proses persertifikatan tanah di eks lahan P2ID tersebut masih sementara berproses.

“Sebanyak 47 sertifikat yang harus kita balik nama. Hanya masih ada tujuh sertifikat yang bermasalah. Saat ini kita masih kumpulkan dokumen pendukung terkait tujuh sertifikat yang masih sengketa itu, ” terangnya. (kn) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkini