oleh

FPt UHO Helat Seminar Nasional Intek II

KENDARINEWS.COM–Fakultas Pe­ternakan Universitas Halu Oloe (UHO) menyeleng­garakan seminar nasional inovasi teknologi peter­nakan II (Semnas Intek II). Dengan mengangkat tema Optimalisasi Integrated Farming System Berba­sis Teknologi Peternakan dalam Menunjang Pemen­uhan Protein Hewani di Era New Normal.

Seminar dibuka oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., dan meng­hadirkan pembicara kunci, yakni Dirjen PKH, Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc., IPU dan Pendiri Per­kasa Group, Dr. Ir. Audy Joynaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM., ASEAN, Eng.

kegiatan ini diikuti 21 perguruan tinggi di In­donesia serta lembaga penelitian yang kegia­tanya dipusatkan di Ho­tel Claro Kendari, akhir pekan lalu.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muh. Zamrun F, S.Si., M.Si., M.Sc., menga­takan bahwa UHO terus berusaha memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat di Indone­sia. Khususnya, paling tidak UHO memberikan layanan maksimal kepa­da masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra). Serta berupaya melakukan berbagai program-pro­gram Tridharma pergu­ruan tinggi.

“Tentu saja, di dalam programnya UHO terus berupaya dan berinovasi dalam impelementasi program pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi, salah satunya dengan desiminasi has­il-hasil pembelajaran, hasil penelitian maupun hasil pengabdian kepa­da masyarakat. Dan ter­us saling berbagi kepada seluruh khalayak, kolega dan partner kita dari se­luruh Indonesia hingga seluruh dunia agar yang kita hasilkan ini dapat dimanfaatkan secara bersama-sama. Dan per­lu kita tingkatkan lagi agar ke depannya saling mendukung,” ujar Prof. Zamrun, kemarin.

Ketua KAGAMA Sultra juga mengungkapkan bahwa setiap fakultas yang ada di UHO setiap tahunnya melaksana­kan seminar nasional maupun internasional.

“Dengan pelaksanaan seminar, tentu kita da­pat saling berbagi seh­ingga selalu melibatkan berbagai perguruan tinggi baik swasta, per­guruan tinggi negeri maupun luar negeri un­tuk saling berkomuni­kasi. Saya juga berharap dengan kegiatan seminar dapat membuka wawasan seluruh dosen maupun mahasiswa UHO. Sehing­ga mereka dapat mengeta­hui ide-ide terbaru serta inovasi terbaru di bidang ilmunya masing-masing,” ungkapnya.

Tempat sama, Dekan Peternakan UHO, Dr. Ir. Ali Bain. M.Si., men­jelaskan bahwa tujuan pelaksanaan seminar ini untuk mempertemukan para peneliti dan praktisi agar hasil-hasil riset yang telah dilakukan dapat di­paparkan di kegiatan ini.

“Tentunya, tentang ber­bagai hal yang sudah di­lakukan terkait dengan integreted faming dalam rangka perkembangan pe­ternakan untuk percepatan kebutuhan daging dan pro­tein nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga me­nambahkan, kedepannya para peneliti bisa memban­gun kolaborasi riset maupun projek yang berkaitan dengan pengembangan peternakan baik yang ada di Sultra atau­pun secara nasional.(kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan