oleh

Pemkab Konawe Target Predikat KLA

KENDARINNEWS.COM — Target untuk meraih predikat kabupaten layak anak (KLA) pada tahun depan, disematkan Pemerintah Konawe. Sejumlah kegiatan yang mendukung indikator penilaian KLA kian diintensifkan untuk meraih hasil yang diinginkan pada Maret 2023 mendatang. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Konawe, Suparjono, mengatakan, KLA merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian PPPA kepada kabupaten/kota se-Indonesia. Predikat itu diberikan kepada daerah yang memiliki sistem pembangunan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan dan terencana.

“Ada beberapa indikator penilaian KLA. Diantaranya, pemenuhan aspek kesehatan dasar dan pendidikan. Untuk memenuhi semua indikator tersebut, kita bersinergi dengan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis. Sehingga target yang diharapkan bisa cepat terealisasi,” ujarnya, Kamis (17/11). Suparjono menuturkan, pengembangan KLA merupakan amanat undang-undang tentang perlindungan anak yang mesti dipenuhi setiap daerah. Katanya, setiap Pemerintah Kabupaten/Kota bertanggung jawab mewujudkan KLA sebagai upaya pemenuhan dan perlindungan anak yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

Ia menyebut, penghargaan KLA dibagi menjadi beberapa tingkatan. Mulai dari predikat pratama, madya, nindya hingga utama.
“Untuk meraih predikat-predikat tersebut, ada beberapa hal yang masih menjadi PR kita terkait kesepakatan dengan beberapa pihak. Jadi, masih ada dokumen yang harus dipenuhi,” tandasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan