Penanganan Sampah,Ridwan Zakariah: Problem Klasik, Semua Harus Bersinergi

KENDARINEWS.COM–Bupati Butur, Muhammad Ridwan Zakariah melakukan pemantauan langsung ke tempat pembuangan akhir (TPA) Elahaji, akhir pekan lalu

“Ribuan ton tumpukan sampah berserakan di jalanan memasuki TPA. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buton Utara selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diberi kewenangan dalam pengelolaan sampah harus segera mencari solusi terbaik dan membuang sampah di TPA, bukan di pinggir jalan,” tegas Ridwan Zakariah, Minggu (23/10).

Mantan Sekretaris Kabupaten Buton itu menegaskan, kondisi tersebut harus segera mendapat perhatian serius sebab dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau tak sedap, hingga mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan.

“Pengelolaan sampah yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya, olehnya itu butuh sinergitas semua pihak terkait, agar kondisi klasik persampahan dapat diatasi,” terangnya.

Ia menambahkan jika pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan, meliputi pengurangan dan penanganannya dan harus dilakukan secara terpadu dan komperenhensif.(kn)

Tinggalkan Balasan