KPU RI Ajak Stakeholder Sukseskan Pemilu 2024

KENDARINEWS.COM–Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengajak seluruh stakeholder di Sultra termasuk Harian Kendari Pos untuk menyukseskan Pemilu/Pilkada 2024. Hal itu ia ungkapkan saat kunjungan silaturahmi di Graha Pena Kendari, Jumat (21/10)

Dalam diskusi kepemiluan bersama Manajemen dan Redaksi Kendari Pos, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memastikan penyelenggaraan Pemilu berjalan sesuai tahapan. Menjawab pertanyaan soal desain antisipasi jatuhnya korban seperti yang terjadi pada pemilu sebelumnya, Hasyim Asy’ari mengatakan seleksi Badan Adhoc (PPK, PPS dan KPPS) digelar secara ketat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Hasyim Asy’ari (lima dari kiri) dan Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin (empat dari kiri) bersama Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir (lima dari kanan), anggota KPU Sultra Muh.Nato Alhaq (empat dari kanan) usai kunjungan silaturahmi di Graha Pena Kendari Pos, Jumat (21/10), kemarin.

Memastikan kesehatan jasmani dan rohani calon badan adhoc terjaga (sehat) adalah hal utama. “Kita sudah terapkan di Pilkada 2020. KPPS harus sehat jasmani dan rohani. Kami minta Pemda memfasilitasi pemeriksaan kesehatan badan adhoc kita ini. Kita persyaratkan sudah vaksin, minimal dua kali. Karena pandemi Covid-19 belum berakhir,” ujar Hasyim Asy’ari didampingi Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir dan Anggota KPU Sultra Muh.Nato Alhaq, kemarin.

Selain dari sisi kesehatan, KPU RI memastikan hak kesejahteraan badan adhoc. Untuk itu dalam Pemilu 2024, KPU sudah menaikan instentif KPPS dari Rp 500 ribu menjadi Rp1,2 juta. “Kita naikan tiga kali lipat,” ungkap Hasyim Asy’ari kepada Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin, jajaran manajemen dan redaksi Kendari Pos saat diskusi.

Bahkan untuk mengurangi beban KPPS, KPU RI bakal bekerja sama dengan kampus-kampus untuk melibatkan mahasiswa sebagai petugas KPPS. “Kampus memiliki program merdeka belajar dan kampus merdeka. Di situ ada kerja praktek, ada kerja magang. Nah, kita akan dorong kampus menugaskan mahasiswanya menjadi anggota KPPS dan bukan sebagai pemantau,” jelas Hasyim Asy’ari.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin menyambut baik kedatangan Ketua KPU RI di Graha Pena. Menurutnya, kedatangan orang nomor satu di KPU pusat itu menjadi penyemangat bagi Kendari Pos untuk terlibat dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Harian Kendari Pos siap bermitra dengan KPU terutama dalam mengedukasi masyarakat jelang Pemilu 2024,” ujar Awal Nurjadin.(kn)

Tinggalkan Balasan