UKM Mubar dapat Bantuan dari Kementerian Koperasi

KENDARINEWS.COM– Tahun 2023 mendatang Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Me­nengah (UMKM) Muna Barat (Mubar) mendap­atkan dana Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 sekira Rp 318 juta. Ang­garan itu berasal dari Ke­menterian Koperasi dan UMKM.

“Alhamdulillah kita mendapatkan DAK pada 2023 nanti,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Mubar, La Ode Takari,Jumat (14/10).

Mantan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kes­ejahteraan Rakyat (Kesra), Sekretariat Daerah (Set­da) Mubar itu menyebut kucuran DAK yang di­gelontorkan pemerintah pusat itu untuk biaya pen­ingkatan sumber daya ma­nusia (SDM) masyarakat, khususnya kolompok ko­perasi dan pelaku UMKM.

“Anggaran itu akan kita gunakan untuk kegiatan sosialisasi dan pelatihan bagi pengurus koperasi dan pelaku usaha,” ucap­nya.

Takari menyebut, data yang dimi­liki menunjukkan jumlah koperasi sebanyak 108 dan pelaku UMKM sebanyak 5.329. Seluruhnya akan diberi­kan perhatian agar terus tumbuh dan berkembang.

“Makanya untuk pen­ingkatan SDM menjadi fokus kita pada 2023 mendatang. Kalau pen­gurus koperasi dan juga pelaku UMKM memi­liki kapasitas SDM yang baik, maka kita yakin mereka dapat mengelola usahanya dengan baik. Sehingga koperasi dan pelaku usaha di Mubar bisa terus tumbuh,” tan­dasnya. (kn)

Tinggalkan Balasan