oleh

Hasil Tangkap Nelayan Meningkat, Stok Ikan Melimpah

KENDARINEWS.COM– Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari Imran Ismail, mengatakan pada bulan ini jumlah tangkapan ikan menglami peningkatan sangat sig­nifikan. Stok ikan di tem­pat pelelangan ikan sangat banyak. Sehingga membuat harga ikan mengalami penu­runan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Kondisi itu membuat kebu­tuhan ikan pada masyarakat sangat tercukupi. “Untuk bulan Agustus saja, hasil tangkap ikan nelayan sudah mencapai 2.304 ton. Padahal di April hingga Juni itu paling banyak 1 hingga 2 ribu ton per bulan. Kami pastikan pada September ini hasilnya juga akan terus bertambah,” ujar Imran Kamis (22/9).

Katanya, kenaikan BBM subsidi tidak terlalu berpengaruh terhadap aktivitas nelayan penangkap ikan. Kendati demikian pihaknya tetap mencari solusi akan keberlangsun­gan kesejahteraan nelayan Kendari. “Untuk aktivitas tangkap ikan nelayan itu tidak berpengaruh dengan naiknya harga BBM. Karena harga solar kan tidak seperti BBM yang lain tidak terlalu tinggi naiknya. Akan tetapi, pemerintah juga turut men­cari solusi dengan naiknya harga bahan bakar kapal,” bebernya.

Pihaknya akan melaku­kan rapat terkait pemberian BBM kepada nelayan. Juga menghitung kuota yang diperlukan guna membantu nelayan dalam menjamin ketersediaan BBM untuk diajukan ke pemerintah pusat.

Saat ini jumlah kapal nelayan di Kendari sebanyak 214 kapal. “Jadi bantuannya berupa bahan bakar kapal. Jumlah yang akan diterima para ne­layan itu saya kurang tahu. Karena kita masih proses.kebutuhan konsumsi ikan kita. Alhamdulilah aman. disamping karena produk­si sangat tinggi, kami juga terus mencegah kekurangan kita dengan menggunakan 4 cold storage (mesin pe­nyimpan ikan). Kebetulan kita punya 4 alat tersebut,” pungkasnya.(KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan