oleh

Dosen FIB UHO Perkenalkan Sejarah dan Permainan Rakyat di Desa Lalingato

KENDARINEWS. COM–Dosen Fakultas Ilmu Budaya serta mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara mandiri di Desa Lalingato Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur.

Kegiatan seremonial itu bertemakan penguatan budaya melalui unsur sejarah, asal mula penamaan desa, dan permainan rakyat.

Ketua Pengabdian Masyarakat sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan KKN Reguler Tahun 2022 UHO di Desa Lalingato, Laxmi menyampaikan bahwa penguatan budaya melalui unsur sejarah, asal mula penamaan desa, dan permainan rakyat ini bertujuan untuk mengedukasi siswa Sekolah Dasar (SD) 1 Lalingato tentang pentingnya sejarah dan permainan rakyat.

Kata Laxmi permainan rakyat pada masa lalu diantaranya Mebele, Rangga-Rangga Iwoi, Kelereng, Sodokoro, Layang-layang, Lompat Tali, Gasing, dan Tinggo.

“Saya harap tujuan kegiatan ini bisa tercapai yakni memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelajar tentang pentingnya mengetahui sejarah. Ini juga sebagai bukti dari rangkaian pengabdian UHO kepada masyarakat Koltim, ” kata Laxmi Selasa (13/9).

Sementara Ketua Prodi FIB UHO, Aswati menyampaikan, sejarah merupakan kejadian lampau yang harus diingat dan dilestarikan sejak dulu sampai sekarang sampai anak cucuk kita.

Katanya, pengetahuan sejarah desa sangat penting diketahui oleh masyarakat secara umum. “Apalagi sejarah asal mula penamaan desa, dan permainan rakyat perlu diketahui dan dilestarikan,” imbunya.

Untuk diketahui, Dosen yang terlibat dalam kegiatan PKM mandiri ini antar lain Dr. Rahmat Sewa. S. Prof Nasruddin Suyuti, Fina Amalia, M.Hum, Sarman, M.Pd dan Dr. Lilik. Kegiatan ini kerjasama Pemerintah Desa Lalingato, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Koltim, dan Fakultas Ilmu Budaya Universitaa Halu Oleo. (kus)

Komentar

Tinggalkan Balasan