oleh

Konut Jawara di Kejurprov Percasi

KENDARINEWS.COM– Atlet catur Konawe Utara berhasil menjadi jawara pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur se-Sultra yang digelar di Konawe akhir pekan kemarin. Kejuaraan yang berakhir 4 September itu memperlombakan tiga nomor, yakni, kategori putra senior, putri senior, serta kategori kelompok terbatas U-60.

Dari tiga nomor tersebut, atlet catur Konut berhasil menyumbangkan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Di posisi dua dan tiga, diikuti kontingen Konawe dan kota Kendari yang masing-masing menyumbang 1 medali emas.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Plt Ketum Pengprov Percasi) Sultra, Muhammad Usman mengatakan, Kejurprov Catur se-Sultra tahun 2022 di Konawe, diikuti 72 peserta dinomor putra senior, 20 peserta dinomor putri senior, serta kelompok terbatas U-60 diikuti 10 peserta. Namun pada turnamen tersebut, dua pengurus cabang (pengcab) Catur di Sultra, tidak mengutus atletnya. Yakni, Kolaka Timur (Koltim) dan Muna Barat (Mubar).

“Jadi hanya 15 pengcab yang ikut. Minus Koltim dan Mubar, mereka tidak ikut pada kejuaraan kali ini,” ujar Muhammad Usman usai gelaran Kejurprov Catur se-Sultra yang digelar di Hotel Arisandi Unaaha, Minggu (4/9), kemarin.

Ia menuturkan, Kejurprov Catur digelar sebagai ajang pembinaan bagi atlet terbaik dari 17 kabupaten/kota di Bumi Anoa. Turnamen itupun, sekaligus menjadi ajang pemanasan bagi para atlet catur disetiap daerah sebelum berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV di Buton dan Baubau. Tak sampai disitu, turnamen ini juga menjadi ajang seleksi menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur di Jakarta, November 2022.

“Juara ini akan kita kirim ke Kejurnas. Kita optimis bisa berprestasi dilevel nasional. Misalnya Kejurnas atau bahkan Pekan Olahraga Nasional (PON). Ini berdasarkan pengalaman saya mengurus catur. Yang penting, olahraga ini kita hidupkan bersama-sama, termasuk support dari pemerintah,” tandas Muhammad Usman. (kn).

Komentar

Tinggalkan Balasan