oleh

KPU Usul Dana Pilgub Rp273 Miliar

KENDARINEWS.COM–Sekretaris KPU Sultra Syafruddin mengatakan, KPU sudah mengajukan anggaran Pilkada 2024 ke Pemprov Sultra. Untuk Pilgub Sultra, KPU mengajukan anggaran sebesar Rp 273 miliar. Anggaran iu meningkat 4,7 persen dari anggaran Pilgub 2018 lalu senilai Rp258 miliar.

Katanya kenaikannya dipengaruhi bertambahnya jumlah badan adhoc, kegiatan kampanye, ketersediaan logistik yang menyesuaikan dengan kenaikan harga-harga saat ini.

” Anggaran yang diajukan ini sangat besar. Tidak mungkin dianggarkan sekaligus dalam APBD 2023. Karena itu, mestinya hal itu sudah dibahas, dan kebutuhan anggaran tahun 2023 senilai Rp273 miliar bisa dicairkan bertahap. Bahkan dapat dicadangkan agar tidak begitu membebani pemda. Nanti tahun 2024 baru dicairkan secara menyeluruh.” tambahnya.

Mantan Kepala Bappeda Bombana itu juga mengaku telah mengajukan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan sesuai dengan NPHD tahun 2023, pihaknya berharap pemda dapat mencairkan anggaran sebesar 40 persen dari total kebutuhan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sultra Robert J Maturbongs menyampaikan, anggaran Pilkada yang diajukan KPU, akan dibahas bersama KPU se-Sultra. Rapat itu untuk konsolidasi dan review usulan anggaran. “Dalam waktu dekat akan digelar. Pertengahan Agustus rencana dimasukan dalam APBD,” kata Robert J Maturbongs. Robert Maturbongs menambahkan, agenda rapatakan difasilitas oleh Kesbangpol. Karena anggarannya melekat di Kesbangpol Sultra. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan