oleh

FIB UHO gelar KKN TEMATIK di Desa Jati Bali Konawe Selatan

KENDARINEWS.COM–Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Haluoleo (UHO) Kendari kembali mengelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Salah satunya terpusat di Kelurahan Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan. 15 orang mahasiswa gabungan dari berbagai jurusan di fakultas yang sama itu akan mengabdi pada masyarakat selama 1 bulan terhitung sejak 4 Agustus berakhir 1 September mendatang.

Ketua dosen pembimbing KKN Tematik Dr. Syahrun, M.Si mengatakan KKN kali ini KKN mengusung tema penyuluhan model pengembangan wisata sejarah dan budaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Olehnya itu titiknya dipilih Desa Jati Bali itu. Mengingat desa yang mayoritas penduduknya suku Bali itu memiliki obyek tinggalan sejarah dan arkeologi masa kolonial Jepang. Dan juga wilayah ranomeeto dan sekitarnya dijadikan pangkalan udara militer Jepang kala itu.

“Selain karena alasan Sejarah itu, ada kekhasan budaya, bahasa dan agama juga sehingga sesuai dengan tema kegiatan mengembangkan wisata sejarah dan budaya,” katanya.

Lanjut dia, program kerja yang ditawarkan diantaranya yakni penyuluhan pengelolaan cagar budaya, penyuluhan pola hidup bersih dan pengetatan program prokes dan pencegahan covid -19, dan penyuluhan program desa wisata.

Kegiatan ini diikuti 15 orang mahasiswa yg berasal dari berbagai jurusan yang ada di fakultas ilmu budaya UHO. Dosen pembimbing lapangan berjumlah 6 orang dengan yang di ketuai oleh Dr. Syahrun, M.Si., dengan Anggota Dr. Abdul Alim, Dr. Lilik Rita lindayani, Dr. Rahmat Sewa Suraya, M. Si.Dra. Aswati , M.Hum. dan La Janu, S.Sos. M.A. (elyn/KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan